Logo Harian.news

Kominfo Habiskan Rp 700 M untuk Pemeliharaan PDN sebelum Diserang Ransomware

Editor : Rasdianah Jumat, 28 Juni 2024 16:43
Menteri Keuangan Sri Mulyani ||Foto:instagram@smindrawati
Menteri Keuangan Sri Mulyani ||Foto:instagram@smindrawati

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi belanja Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) senilai Rp 4,9 triliun hingga Mei 2024. Dari anggaran tersebut, belanja untuk pemeliharaan data center atau Pusat Data Nasional (PDN) senilai Rp 700 miliar.

Anggaran untuk PDN termasuk anggaran tematik APBN pada klaster infrastruktur, yang terealisasi senilai Rp 112,9 triliun per Mei 2024.

“Kominfo Rp 4,9 triliun, sudah dibelanjakan ini mulai pemeliharaan dan operasional BTS 4G, dan data center nasional (Pusat Data Nasional) Rp 700 miliar,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa virtual, dikutip dari kumparan, Jumat (28/6/2024).

Baca Juga : Kita Sehat Indonesia Sehat

Sri Mulyani menyebut sisa anggaran Kominfo untuk kapasitas satelit Rp 700 miliar dan operasional Palapa Ring senilai Rp 1,1 triliun. “Belanja untuk Kominfo cukup besar, Rp 4,9 triliun,” kata Menkeu.

Penggunaan anggaran ini sebelum PDN kena serangan ransomware yang membuat banyak data instansi kementerian tidak bisa digunakan sejak 20 Juni 2024.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Semuel Abrijani Pangerapan, menyebut, ada 210 instansi pemerintah di tingkat pusat dan daerah yang terkena dampak serangan ransomware ke server PDN.

Baca Juga : Profil Eks Ditjen Aptika Kominfo yang Mundur Buntut Kasus PDN: Ahli IT Kelahiran Makassar

“Data yang terdampak itu ada 210 instansi yang terdampak ya, baik itu pusat maupun daerah,” kata dia di Kantor Kemenkominfo, Senin (24/6/2024).

Kepala Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) Hinsa Siburian ‘menyentil’ Menkominfo Budi Arie Setiadi soal serangan ransomware ke server PDN. Masalahnya cukup krusial.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda