Logo Harian.news

PT Pelindo Gelar Kompetisi Jurnalistik, Cek Jadwal dan Ketentuannya!

Editor : Rasdianah Jumat, 29 Maret 2024 11:44
PT Pelindo Gelar Kompetisi Jurnalistik, Cek Jadwal dan Ketentuannya!

HARIAN.NEWS, MEDAN – PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo yang bisnisnya bergerak dalam segmen kepelabuhanan di bidang operasional terminal nonpetikemas di Indonesia menggelar Kompetisi Jurnalistik SPMT Group 2024 dengan mengusung tema “Dua Tahun Pelindo Transformasi Pelabuhan nonpetikemas Indonesia” yang terbuka bagi para jurnalis di seluruh Indonesia.

Sekretaris Perusahaan SPMT, Fiona Sari Utami menerangkan Kompetisi Jurnalistik SPMT Group 2024 merupakan bentuk apresiasi SPMT terhadap jurnalis yang turut mendukung dalam menyampaikan informasi seputar SPMT Group yang terdiri dari Subholding Pelindo Multi terminal dengan 3 anak perusahaannya yakni PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IKT), dan PT Terminal Curah Utama (TCU).

“Kompetisi Jurnalistik SPMT Group 2024 ini digelar sebagai wujud apresiasi SPMT Group kepada jurnalis Indonesia yang sudah mendukung penyampaian informasi mengenai layanan kepelabuhanan non-petikemas SPMT Group pasca merger Pelindo hingga ke seluruh penjuru negeri,” ujar Fiona, Jumar (29/3/2024).

Fiona menambahkan dalam kompetisi ini berlangsung sejak 13 Februari hingga 16 April 2024 dengan dua kategori yaitu karya tulis jurnalistik dan karya foto jurnalistik dengan total hadiah mencapai Rp 140 juta.

“Dalam upaya untuk menghadirkan layanan yang unggul kepada para pengguna jasa, SPMT Group terus berkomitmen untuk melakukan transformasi di seluruh pelabuhan yang dikelolanya yang mengacu pada enam pilar yaitu proses bisnis, SDM, teknologi, peralatan, infrastruktur, dan health, safety, security, and environment (HSSE),” ujarnya,

Melalui kompetisi ini, SPMT berharap mendapatkan masukan yang membangun dari para jurnalis yang bertujuan untuk memberikan dorongan bagi SPMT dalam meningkatkan layanan logistik kepelabuhanan.

Sampai dengan saat ini SPMT telah melakukan transformasi 25 terminal di pelabuhan yang dikelolanya di seluruh Indonesia dengan melakukan standarisasi dan digitalisasi dimulai dari planning and control, serta improvement traffic flow sehingga kegiatan bongkar muat menjadi lebih maksimal. Proses transformasi ini juga berdampak pada peningkatan produktivitas Ton/Ship/Day serta penurunan port stay dan cargo stay yang signifikan.

Adapun, yang menjadi juri dalam kompetisi ini untuk kategori karya tulis jurnalistik adalah Pemred Kompas.com Wisnu Nugroho, Ketua Forum Pemimpin Redaksi Indonesia sekaligus Pemred Kumparan.com Arifin Asydhad, Direktur The National Maritime Institute Siswanto Rusdi, serta Direktur Utama SPMT Ary Henryanto.

Sementara juri untuk kategori foto jurnalistik adalah Ketua Umum Pewarta Foto Indonesia (PFI) Reno Esnir, Foto Jurnalis Senior Oscar Motuloh, dan Direktur SDM SPMT Edi Priyanto.

Ditambahkan Fiona, SPMT mengajak para jurnalis untuk mengeksplorasi berbagai topik pembahasan terkait SPMT Group dalam melakukan proses transformasi pelabuhan nonpetikemas di Indonesia. Kompetisi Jurnalistik SPMT Group dibuka secara gratis bagi warga negara Indonesia yang profesinya sebagai jurnalis yang bekerja di media massa lokal atau nasional, baik itu media cetak, online, maupun pewarta foto.

Untuk informasi lebih lanjut terkait Kompetisi Jurnalistik SPMT Group 2024 dapat diakses melalui https://linktr.ee/KompetisiJurnalistikSPMT2024.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda