Logo Harian.news

Puncak Arus Mudik Diperkirakan 7 April, Pemudik Diminta Amankan Harga Tiket Lebih Awal

Editor : Rasdianah Rabu, 27 Maret 2024 18:17
Ilustrasi. Foto: HN/Sinta
Ilustrasi. Foto: HN/Sinta

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Mudik lebaran seperti telah menjadi tradisi wajib setiap kali akhir bulan Ramadan atau menjelang Idulfitri. Tak heran, jika masing-masing penyedia transportasi umum mengoptimalkan layanan demi kenyamanan penumpang, tak terkecuali penyedia jasa transportasi udara.

Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin, Taufan Yudhistira mengatakan, pihkanya memperkirakan puncak arus mudik di Bandara Sultan Hasanuddin akan terjadi pada hari Minggu (7/4/2024) mendatang.

“Dan semakin dekat puncak, biasanya harga tiket akan semakin mahal, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi harga tiket, danharga tiket ini merupakan kewenangan masing-masing maskapai,” ujar Taufan.

Baca Juga : Gerakkan 2.775 Personel, PLN Nyatakan Sukses Kawal Listrik Perayaan Idulfitri

Taufan menjelaskan, untuk mengantisipasi lonjakan harga tiket jelang puncak arus mudik, biasanya pemudik memilih membeli tiket jauh-jauh sebelum tanggal keberangkatannya.

Taufan mengatakan, hal ini berdasarkan pengalaman di PT. Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, yang terjadi hampir setiap tahunnya.

“Sebagai pengelola bandara, kami juga menyediakan posko terpadu yang akan mulai aktif tanggal 3 hingga 18 April 2024 mendatang,” jelasnya.

Baca Juga : Arus Mudik Lebaran, Menhub Minta Polisi Razia Travel Gelap

Demi kelancaran aktivitas mudik, pihaknya juga menghimbau, kepada seluruh calon penumpang untuk dapat mempersiapkan dokumen perjalanan yang diperlukan seperti identitas diri dan tiket.

“Kami juga menghimbau untuk datang lebih awal guna pengalaman perjalanan yang menyenangkan. Pada umumnya, pelaporan tiket atau check in dimulai dua jam sebelum naik ke pesawat atau boarding,” tandasnya.

Sementara itu, salah seorang pemudik tujuan Kota Kendari, Surati Laode Besi (28) mengatakan guna mengantisipasi lonjakan harga tiket pesawat, Ia membeli tiket pesawat jauh hari sebelum waktu keberangkatan.

Baca Juga : Momen Lebaran, Istana Sebut Jokowi Masih Cari Waktu Tepat Silaturahmi dengan Megawati

“2 Minggu sebelum keberangkatannya, Rabu (26/3/2024) hari ini, ” singkat Ratih.

Tips ini kata Ratih kerap berhasil, tiap kali Ia akan mudik ke kampung halaman.

Katanya, jika memesan tiket bertepatan dengan puncak mudik, harga yang disediakan pihak travel kadang tak ramah kantong, dirinya dengan selisih harga yang mencapai 100% dari harga pembelian hari ini.

Baca Juga : Suasana Libur, Sejumlah Fasilitas Umum dan Kantor Pemerintahan Gowa Dipenuhi Sampah

“Jika normalnya Rp 400 ribu, nanti jelang puncak mudik, harganya bisa sampai 800 ribu, bahkan kadang tembus 1 juta,” katanya.

 

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : NURSINTA

Follow Social Media Kami

KomentarAnda