Logo Harian.news

RSUD Daya Kota Makassar Menjadi Tujuan Kunjungan Studi Banding Pengelolaan Diklat di Rumah Sakit

Editor : Redaksi Senin, 10 Juni 2024 14:33
RSUD Daya Kota Makassar Menjadi Tujuan Kunjungan Studi Banding Pengelolaan Diklat di Rumah Sakit

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Kamis 6 Juni lalu 2024 bertempat di Ruang Akreditasi Lantai 2 Gedung A RSUD Daya Kota Makassar, Direktur RSUD Daya Kota Makassar Ir. Hj. Rusmayani Madjid, M.Sp beserta jajaran menerima kunjungan studi banding tentang pengelolaan diklat dari UPT RSUD Lamadukelleng Kabupaten Wajo.

Dalam kunjungan ini banyak dibahas mengenai regulasi, prosedur dan pemetaan kerjasama pendidikan yang dijalankan oleh RSUD Daya Kota Makassar sebagai salah satu rumah sakit Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang memiliki fleksibilitas dalam melakukan praktek bisnis yang sehat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kunjungan yang dilakukan oleh Bidang Pengembangan Layanan dan Pengembangan SDM UPT RSUD Lamadukelleng ini bertujuan untuk meningkatkan optimalisasi pengelolaan Diklat di rumah sakit asal, mengingat adanya perubahan regulasi terkait penerbitan Perda Layanan Kesehatan yang berlaku di Kabupaten Wajo terkhusus yang berlaku di rumah sakit.

Baca Juga : RSUD Daya Kota Makassar Sukses Gelar Kegiatan Donor Darah Dalam Rangka Peringatan Hari Donor Darah Sedunia

Pada sambutannya Ir. Hj. Rusmayani Madjid, M.Sp menyampaikan RSUD Daya Kota Makassar sangat terbuka untuk sharing knowledge dan mengapresiasi penuh kegiatan tersebut.

Diklat memang telah menjadi salah satu sektor pendapatan di rumah sakit dengan dasar Perwali Kerjasasama (PKS) yang berlaku di Kota Makassar.

Baca Juga : Berpolemik, Wali Kota Makassar Tinjau Ulang Jabatan Rusmayani Madjid sebagai Dirut RS Daya

“Diklat di RSUD Daya Kota Makassar berada dibawah Bidang Pelayanan Masyarakat dengan mitra kerjasama pendidikan saat ini sebanyak 25 Institusi Pendidikan baik di Kota Makassar maupun tersebar di beberapa provinsi sekitar, seperti Sulawesi Barat, Tenggara dan Sulawesi Tengah. Kerjasama yang dijalin tentu luas mencakup Tri Dharma Perguruan Tinggi yang didalamnya adalah pendidikan klinis, penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat,” ujar penanggungjwab Diklat RSUD Daya Kota Makassar, Rima Kusumah Dewi, S.ST., M.Keb.

“Diklat di RSUD Daya Kota Makassar juga menangani tugas lain seperti pemetaan kebutuhan pendidikan formal dan nonformal pegawai, menyelenggarakan pelatihan internal, memfasilitasi pelatihan di luar rumah sakit termasuk mengevaluasi program setiap tahunnya,” kata Ns. Hasanuddin Nuru, S.Kep., M.Kes., Ph.D selaku Kepala Bidang Keperawatan RSUD Daya Kota Makassar.

Dalam pertemuan ini pihak RSUD Lamadukelleng terlihat sangat antusias mengingat dengan adanya sistem kerja sama ini tidak menutup kemungkinan bahwa RSUD Lamadukelleng pun ingin membuat Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan RSUD Daya Kota Makasssar terkait unsur layanan lain yang bertujuan untuk kemajuan bersama dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga : Jajaran RSUD Daya Makassar Bersyukur ‘Jampangi’ Raih Penghargaan

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda