Logo Harian.news

Beli Gas LPG 3 KG Sekarang Harus Pakai E-KTP, Pengamat: Perspektif Momentumnya Terkoneksi Pemilu

Editor : REDAKSI I Minggu, 14 Januari 2024 11:52
Beli Gas LPG 3 KG Sekarang Harus Pakai E-KTP, Pengamat: Perspektif Momentumnya Terkoneksi Pemilu

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Pengamat Ekonomi Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Dr Lukman Setiawan, menilai kebijakan pembelian Liquefied Petroleum Gas (LPG/Elpiji) Tabung 3 Kilogram (Kg) bertepatan dengan momentum Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 mendatang,

“Dari perspektif momentumnya terkoneksi, pemilihan,” singkat Lukman sapaan akrabnya, saat dikonfirmasi, Minggu (14/1/2024).

Menurutnya pembelian Gas LPG Tabung 3 Kg bukan aturan Baru, dari beberapa surat edaran dan keputusan menteri ESDM dan Nota Kesepahaman Mentri Keuangan yang pelaksanaannya pada sudah ada sejak Minggu (1/1/2023) hingga Minggu (31/12/2023).

Baca Juga : Jelang Nataru, Wakil Ketua DPRD Sulsel Minta Pertamina Antisipasi Kelangkaan BBM-LPG

“Dalam Rangka tepat sasaran dari pemakaian gas elpiji 3 Kg yg bersubsidi yang peruntukannya kepada masyarakat kecil, usaha mikro atau yg setinhktanya dalam setiap pembelian Haris menggunakan e-KTP,” ujarnya.

Sehingga yang menjadi permasalahan adalah momentumnya muncul dan mencuat lagi pada situasi menjelang Pemilihan Presiden (pilpres) dan Pemilihan Calon Anggota Legislatif (Caleg).

“Dimnaa Kartu Tanda Pengenal (KTP) atau identitas Masyarakat dalam rangka menggunakan hak pilihnya,” kata dia.

Lukman melanjutkan, e-KTP sangat esensial dalam penyalahgunaan. Jadi pada prinsipnya perlu adanya kehati-hatian masyarakat terkait indentitas yang dimiliki (KTP).

“Bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk penggunaan terkait dengan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Calon Legislatif yang nantinya pada saat hari H 14 Februari 2024,” tutupnya.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : NURSINTA

Follow Social Media Kami

Tag : LPG
KomentarAnda