Logo Harian.news

Jokowi Diutus Temui Joe Biden, Sampaikan Hasil KTT OKI Khusus Gaza

Editor : Rasdianah Kamis, 09 November 2023 17:37
Joe Biden dan Jokowi. Foto ist
Joe Biden dan Jokowi. Foto ist

HARIAN.NEWS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi pekan ini dijadwalkan akan bertolak ke Arab Saudi, pada Jumat (10/11/2023), untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang khusus membahas serangan Israel di Gaza, Palestina.

“KTT OKI ini khusus memang membicarakan Gaza. Belum bicara, tapi yang jelas nanti Insyaallah besok malam saya akan meluncur ke Saudi Arabia untuk ikut dalam KTT OKI khusus Gaza,” ujar Jokowi usai meninjau SMK 1 Purwakarta Jawa Barat, dikutip dari liputan6, Kamis (9/11/2023).

Usai menghadiri KTT OKI, Jokowi akan menemui Presiden Amerika Serikat Joe Biden di negeri Paman Sam. Jokowi diutus menyampaikan hasil KTT OKI kepada Biden agar perang Hamas-Israel segera dihentikan.

Baca Juga : Hasyim Khotbah Depan Jokowi, Singgung Banyaknya Sifat Kebinatangan di Manusia

“Dan dari sana nanti akan terbang ketemu dengan Presiden Joe Biden dan kita dari hasil OKI nanti saya akan diutus untuk menyampaikan kepada Presiden Joe Biden agar perang di Hamas-Israel bisa di-stop bisa segera dihentikan,” kata dia.

“Tapi yang dibicarakan apa nanti masih pada hari Sabtu, Minggu,” sambung Jokowi.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan menerima Presiden RI Joko Widodo dalam pertemuan bilateral di Gedung Putih pada 13 November 2023.

Baca Juga : Jokowi Ingin Upacara HUT ke-79 RI Digelar di IKN dan Istana Jakarta

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Biden akan menegaskan kembali komitmen AS untuk memperdalam kemitraan yang telah berusia hampir 75 tahun antara AS dan Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar kedua dan ketiga di dunia.

“Kedua pemimpin akan menjajaki peluang untuk meningkatkan kerja sama dalam transisi energi bersih, memajukan kesejahteraan ekonomi, meningkatkan perdamaian dan stabilitas kawasan, serta memperkuat hubungan antar masyarakat,” demikian disebutkan dalam keterangan tertulis Kedubes AS.

“Kedua presiden juga akan berkoordinasi dalam upaya memperkuat sentralitas ASEAN dan menegakkan hukum internasional serta mendorong kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.”

Baca Juga : 2 Keponakan Jokowi Jadi Sorotan Usai Duduki Jabatan di Pertamina

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda