Logo Harian.news

Kenal Travel dari Selebgram Malah Tertipu, ISYEF Sulsel Ingatkan Warga Tak Tergiur Harga Murah

Editor : Redaksi Sabtu, 17 September 2022 12:08
Ketua ISYEF Sulsel, dr Fadli Ananda SpOg,
Ketua ISYEF Sulsel, dr Fadli Ananda SpOg,

MAKASSAR, HARIANEWS.COM – Puluhan warga di Sulsel mengaku tertipu travel abal-abal. Total kerugian yang dialami mencapai Rp 3 miliar.

Informasi ini viral di sosial media, setelah para korban mendatangi kantor travel tersebut untuk meminta pengembalian uang setelah tak kunjung diberangkatkan. Mereka mengaku mengenal travel tersebut dari postingan sejumlah selebgram, dan tergiur dengan harga murah.

Ketua Indonesian Islamic Youth Economic Forum (ISYEF) Sulsel, dr Fadli Ananda SpOg, tak hentinya mengingatkan masyarakat agar tidak tergiur dengan promosi harga murah. Baik itu untuk perjalanan ibadah umrah ataupun wisata.

Baca Juga : Tips Dokter Yudi Mudik Aman, Sehat di Musim Pancaroba

“Pada umumnya, travel yang menawarkan harga tidak masuk akal itu menggunakan skema ponzi. Dan ini sangat merugikan,” ujarnya, Sabtu, 17 September 2022.

Khusus untuk perjalanan ibadah umrah, Dokter Fadli meminta masyarakat hati-hati dengan promosi bayar saat ini, namun pelaksanaan umrah baru satu atau dua tahun setelahnya. Hal tersebut sangat beresiko.

“Kalau bayar sekarang dan umrahnya tahun depan atau dua tahun depan, itu ada resiko juga. Karena sebenarnya umrah tidak ada kuota. Jadi kalau sudah bayar, harusnya bisa berangkat sesuai dengan tanggal kesepakatan,” terangnya.

Baca Juga : KSDMI Perdoski Cabang Makassar Sukses Penyuluhan Infeksi Jamur Pada Kulit ke 17 Titik

Dokter Fadli mengungkapkan, seiring membaiknya perekonomian masyarakat pasca terpuruk akibat pandemi Covid 19, travel-travel yang menawarkan paket perjalanan dengan harga murah juga ikut menjamur. Travel-travel ini bahkan menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan paket-paket tersebut, untuk menarik perhatian masyarakat.

“Kita bisa lihat di sosial media, bertebaran iklan-iklan perjalanan murah, dalam ataupun luar negeri,” imbuhnya.

Ketua ISYEF Sulsel ini berharap, masyarakat bisa belajar dari peristiwa serupa yang sudah banyak terjadi sebelumnya. Dan lebih berhati-hati lagi memilih travel. **

Baca Juga : Camat Wajo dan Majelis Taklim Bareng FKKM Berbagi Paket Stunting

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda