Logo Harian.news

Kotak Amal Masjid Al Ukhuwah Digasak Maling, Warga kembali Keluhkan Keamanan Perumahan Bukit Baruga Antang

Editor : Rasdianah Senin, 03 Juni 2024 18:52
Aksi maling di perumahan bukit Baruga Antang yang terekam dalam CCTV. Foto: tangkapan layar
Aksi maling di perumahan bukit Baruga Antang yang terekam dalam CCTV. Foto: tangkapan layar

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Aksi seorang pria tengah membawa kotak amal di sebuah Masjid Al Ukhuwah, Perumahan Bukit Baruga Antang Makassar terekam jelas oleh CCTV, tanggal 25 Mei 2024 lalu.

Dalam rekaman video memperlihatkan, seorang pria mengenakan kaos loreng dengan celana jeans pendek sobek, menutup kotak amal yang dicurinya dengan sarung kotak-kotak biru ungu.

Dalam video CCTV yang diterima Harian.News Dia juga nampak memantau situasi sekitar dan memastikan bahwa dirinya aman kala hendak membawa kabur uang amal milik Masjid Al Ukhuwah.

Baca Juga : Buntut Pencurian Kotak Amal Masjid di Bukit Baruga, Warga Singgung Tarif Iuran Naik tapi Tidak Aman

Warga Bukit Baruga JL. Kayu Agung I No 21. Muhammad Akhzan (56) mengatakan, kejadian pencurian kotak amal di Masjid Al Ukhuwah, bukan kali pertama. Namun telah 2 kali kecolongan dan sejumlah uang amal raib digondol maling.

“Iya ini sudah 2 kali kejadian kehilangan ini. Pada pencurian kali ini yang satu kota amal diambil isinya dan satunya dibawa kabur dengan kotaknya,” ujarnya, Senin (3/6/2024).

Akhzan nama karibnya mengatakan, kecurian yang terjadi di kompleks tersebut karena pengamanan di Perumahan bukit baruga yang dikelola oleh PT. Baruga Asri Nusa Development sangat rapuh.

Baca Juga : Soal Kotak Amal Masjid yang Digasak Maling, Korlap: Pengamanan Sudah Sesuai SOP

“Kejadian demi kejadian yang terjadi berulang-ulang kali namun tidak pernah satu pun pelakunya tertangkap,” ujarnya.

“Ada kejadian motor hilang, helm dan lainnya tapi sampai sekarang belum didapat,” tambahnya.

Ia menduga, security atau satpam yang bertugas di bukit baruga tidak pernah diberikan pelatihan atau pembekalan serta pengarahan oleh pengelola, sehingga tidak ada pemantauan kinerja pihak keamanan

Baca Juga : Parkir di Kampus UIN Samata Tidak Aman? Mahasiswi Pendidikan Bahasa Arab Kehilangan Motor

“Seharusnya setiap pekan pengelola mengumpulkan semua anggota security lalu diberikan pengarahan bagaimana seharusnya melaksanakan tugas dengan baik,” ujarnya.

Ia pun mengatakan, dengan melihat gelagat pelaku dalam CCTV tersebut, sepertinya pelaku sudah hafal kondisi dan sistem pengamanan di bukit Baruga.

“Kalau sudah ada kejadian seperti ini, biasanya semua pos satpam diperketat namun pemberlakuan seperti itu hanya dilakukan sekitar satu pekan dan setelah itu kendor lagi tidak lagi dilakukan pemeriksaan. Pelaku kejahatan sudah paham betul itu, jadi setelah itu mereka akan mulai melakukan aksinya lagi,” tandasnya.

(NURSINTA)

Baca Juga : Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga Bagikan 1147 Paket Sembako ke Duafa

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda