Logo Harian.news

Pertimbangan Waktu, Proyek Tol Mamminasata Dicoret dari Daftar PSN

Editor : Andi Awal Tjoheng Jumat, 05 Agustus 2022 01:39
Hingga 2021, Sepanjang 2.489,2 km Jalan Tol Sudah Beroperasi di Indonesia (Foto: Istimewa)
Hingga 2021, Sepanjang 2.489,2 km Jalan Tol Sudah Beroperasi di Indonesia (Foto: Istimewa)

HARIANEWS.COM – Proyek jalan tol Mamminasata dicoret dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). Hal tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No 9 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.

Kepala Bappelitbangda Sulsel, Andi Darmawan Bintang, mengungkapkan, jalan Tol Mamminasata dicoret dari daftar PSN karena pemerintah pusat mempertimbangkan soal waktu penyelesaian proyek tersebut.

Dimana, pemerintah pusat berharap semua PSN bisa selesai pada tahun 2024 mendatang, sebelum masa jabatan Presiden Jokowi berakhir.

Baca Juga : Ma’baca Doang, Tradisi Lebaran Bugis-Makassar yang Masih Terjaga

“Tentu kita maklumi. Karena jalan Tol Mamminasata ini kalau tidak salah memang masih dalam tahap perencanaan dan tidak mungkin bisa selesai dalam dua tahun pengerjaan,” kata Darmawan Bintang, Kamis, 4 Agustus 2022.

Meski demikian, ia berharap Tol Mamminasata ini bisa tetap menjadi perhatian pemerintah pusat. Mengingat, jalan ini sangat dibutuhkan sebagai jalan penghubung di dalam Kawasan Mamminasata.

“Jalan ini dianggap sebagai salah satu infrastruktur yang bisa menggenjot perekonomian nasional,” ujarnya.

Baca Juga : Cuaca Ekstrem Diprediksi Bakal Melanda Sulsel, BMKG: Deteksi Kemunculan Bibit Siklon Tropis

Agar proyek ini tetap berlanjut, Darmawan Bintang menyebut, ada beberapa skenario yang bisa diambil. Salah satunya, dengan skema KPBU atau Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

“Kami harap, pemerintah pusat bisa mengasistensi kita untuk bekerjasama dengan investor dalam pembiayaan proyek ini,” harapnya.

Sebelumnya, proyek pembangunan jalan tol lingkar Mamminasata (Makassar, Maros, Sungguminasa/Gowa, Takalar) ini masuk dalam 16 daftar rencana pembangunan jalan tol 2022 yang disusun pemerintah pusat.

Baca Juga : PIII Sulsel Buka Puasa Bersama dan Bagi-bagi Santunan kepada Anak Yatim di Makassar

Anggaran investasi senilai Rp 7,4 triliun, dan akan melibatkan swasta. ***

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda