Logo Harian.news

Spanyol, Irlandia, dan Norwegia Resmi Akui Palestina sebagai Negara

Editor : Rasdianah Selasa, 28 Mei 2024 11:21
Foto: ist/afp
Foto: ist/afp

HARIAN.NEWS – Spanyol, Irlandia, dan Norwegia resmi mengakui Palestina sebagai sebuah negara pada Selasa (28/5/2024). Tiga negara Eropa itu berharap apa yang dilakukan mereka dengan mengakui Palestina, dapat diikuti oleh negara-negara lain di masa depan.

“Mengakui negara Palestina adalah tentang keadilan bagi rakyat Palestina,” kata Menlu Spanyol, Jose Manuel Alberes, seperti dikutip dari AFP melalui kumparan, Selasa (28/5/2024).

Sedangkan Pemerintah Norwegia menyebut sudah memberi tahu rencana ini kepada PM Palestina Mohammed Mustafa pada akhir pekan lalu.

Baca Juga : Kolaborasi Internasional: Unismuh Gelar Kuliah Tamu Bersama Dosen dari Palestina dan Malaysia

Setelah Spanyol, Irlandia, dan Norwegia, negara lain yang akan mengikuti langkah mengakui Palestina adalah Slovenia. Negara anggota Uni Eropa itu sudah memulai proses mengakui Palestina.

Sementara Amerika Serikat dan mayoritas negara di Eropa Barat berjanji akan mengakui Palestina di masa depan. Namun, itu tak akan terwujud sebelum isu sensitif seperti status Yerusalem dan perbatasan terselesaikan.

Dengan penambahan tiga negara, total negara anggota PBB yang mengakui Palestina mencapai 145 dari 193 anggota.

Baca Juga : Usai Wafatnya Ismail Haniyeh, Hamas Tunjuk Yahya Sinwar Jadi Pemimpin Baru

Mayoritas yang mengakui Palestina adalah negara di Timur Tengah, Afrika, Asia termasuk Indonesia. Negara seperti Amerika Serikat, Kanada, sebagian besar Eropa barat, Australia, Jepang, serta Korsel, belum mengakui Palestina.

Atas pengakuan terbaru tiga negara, pada akhir pekan lalu Israel mengaku marah. Menlu Israel, Israel Katz, menegaskan tindakan Spanyol cs adalah hadiah bagi Hamas yang menyerang negaranya pada 7 Oktober 2023 lalu.

Serangan 7 Oktober dijadikan justifikasi Israel menyerang Gaza tanpa pandang bulu. Sebanyak 35 ribu orang, mayoritas perempuan dan anak-anak di Gaza telah kehilangan nyawa.

Baca Juga : Sampaikan Duka Mendalam, JK Hadiri Pemakaman Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Qatar

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda