Logo Harian.news

Citizen Reporter

Workshop Personal Branding Dinas Koperasi dan UMKM Tolitoli Berjalan Sukses

Editor : Redaksi Minggu, 11 September 2022 14:13
Workshop Personal Branding Dinas Koperasi dan UMKM Tolitoli Berjalan Sukses

Oleh : Arman Hidayat
(PR Communication IDNESIAN)
Melaporkan dari Tolitoli

PULUHAN Pelaku UMKM Tolitoli antusias Belajar Pengembangan Bisnis dan Personal Branding dalam rangkaian kegiatan Gelar Produk UMKM yang berlangsung pada 10 September 2022.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 9 pagi dan baru berakhir sekitar pukul 4 sore ini, dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Toli Toli, Srie Lesminingsih, SE, M.Si.

Dalam sambutan pembukaannya, Srie mengajak kepada para pelaku UMKM yang hadir untuk serius mengikuti materi pelatihan dan juga mengaplikasikan materi tersebut pada aktivitas bisnisnya, karena memang Personal Branding merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup ampuh untuk mengembangkan aktivitas bisnis.

Dalam pelatihan ini, materi dibawakan oleh Praktisi Personal Branding dan juga penulis Buku Authentic Millenials Branding Tedi Hendratno. Dengan penuh semangat dan energi Tedi memotivasi dan juga melakukan coaching bisnis tentang bagaimana cara yang tepat dalam pengembangan bisnis khususnya untuk UMKM.

Tidak ketinggalan di sesi kedua yang berlangsung sekitar pukul 13:00 Wita Tedi juga membagikan tips pengembangan diri melakukan kegiatan Digital Personal Branding, dimana aktivitas Personal Branding ini sangat berbeda dengan kegiatan narsis di social media, tetapi bagaimana setiap pelaku UMKM mampu membuat sebuah konten yang creative untuk mengkomunikasikan Value mereka ke audience terutama yang relevan dengan produk yang mereka saat ini kembangkan.

Pelatihan Personal Branding ini, diadakan hanya sehari dari tiga hari pelaksaan Gelar Produk UMKM yang rencananya berlangsung dari tanggal 9 sampai dengan 11 September 2022, event ini terdapat 12 stand produk UMKM unggulan yang dipamerkan di halaman kantor Dinas.

Berbagai produk yang dipamerkan cukup beragam dari kerajinan, keripik cemilan, sajian kue serta beberapa produk kreatif lainnya dapat dinikmati oleh pengunjung yang kebetulan hadir pada pameran ini.

Sementara itu ditempat yang sama disela sela kegiatan Kelas Personal Branding Yosep (38) pelaku UMKM yang juga mengikuti pelatihan ini, mengungkapkan bahwa dirinya banyak mendapatkan masukkan terkait aktivitas promosi dan strategi peningkatan omzet dengan pendekatan BMC dan Personal Branding, dirinya berharap kedepannya masih bisa mengikuti kegiatan pelatihan untuk menambah pengetuhuan bisnisnya.

Hal yang sama juga dikemukakan oleh Sulva pelaku UMKM yang juga mengikuti program ini, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Koperasi Kabupaten Tolitoli yang sudah menginisiasi event ini, ada banyak pengetahuan bisnis yang bisa diperoleh serta sangat mudah untuk diaplikasikan dalam system bisnisnya.

“Semoga nanti kami juga bisa mengikuti kegiatan kelas Pak Tedi yang mungkin disajikan secara online,” sambungnya.

 

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda