Logo Harian.news

Dubes Palestina Sindir Sikap Joe Biden Setop Kirim Senjata ke Israel: Hanya untuk Politik

Editor : Rasdianah Jumat, 10 Mei 2024 15:15
Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun. Foto: ist
Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun. Foto: ist

HARIAN.NEWS – Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun menyindir Presiden Amerika Serikat Joe Biden terkait sikapnya pada krisis di Gaza.

Pada Jumat (10/5/2024) Al-Shun menggelar konferensi pers di kantornya di Jakarta mengenai perang yang masih berkecamuk di Gaza. Saat itu, Al-Shun menanggapi pertanyaan media mengenai komitmen Biden menghentikan penghentian senjata ke Israel.

Al-Shun kemudian mengingatkan apa yang dilakukan Biden ketika mengunjungi Israel dalam kapasitas sebagai Wapres AS. Biden menjadi orang nomor dua di Negeri Paman Sam pada periode 2008 sampai 2016.

Baca Juga : Dukung Kamala Harris, Joe Biden Mundur Bursa Capres Pemilu AS 2024

Al-Shun ingat bahwa Biden pernah berkata akan berupaya membantu Israel menduduki tanah Palestina.

“Kami telah menghabiskan waktu bertahun-tahun dan kami siap untuk menghabiskan lebih banyak lagi karena Israel berupaya demi keuntungan kami,” tutur Al-Shun mengulang perkataan Biden.

Oleh sebab it, Al-Shun menyatakan ketidakpercayaannya terhadap janji AS untuk meninggalkan Israel.

Baca Juga : Presiden Perancis Sebut akan Akui Kemerdekaan Palestina: Tunggu Momen Tepat

“Apakah menurut Anda Amerika akan pergi? Tidak. Karena ini adalah rencana mereka untuk mengambil daerah tersebut,” tegasnya kepada wartawan, dikutip dari kumparan, Jumat (10/5/2024)

Dia mengkritik sikap terkini AS di krisis Gaza yang terkesan hanya untuk meraih dukungan politik, terutama menjelang pemilu. Pemungutan suara di AS akan digelar pada November mendatang.

“Saya percaya Amerika hanya memikirkan politik dan pemilu saat ini, ini hanya pandangan pribadi saya,” ujarnya.
Dalam kesempatan itu, Dubes Al-Shun juga menyampaikan harapan sekaligus sindiran kepada AS untuk membantu Palestina dengan tindakan konkret.

Baca Juga : Musim Haji 2024, Raja Salman Undang 2.322 Jemaah: 1.000 Keluarga Syuhada Palestina

“Semoga Biden dapat mengirim angkatan laut dan tentaranya untuk menyelamatkan warga Palestina dan mengakui Palestina sebagai negara anggota di dunia,” tutupnya dengan mimik menyindir.

Sebelum berjanji menghentikan pengiriman senjata ke Israel, sempat memveto usulan keanggotaan penuh Palestina di PBB yang disampaikan ke DK PBB. AS, semasa perang Gaza pecah, berulang kali menegaskan dukungan terhadap Israel.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda