Logo Harian.news

Indira Jusuf Ismail Lepas Peserta Run to End TB, Ajak Warga Jadikan Makassar Kota Sehat

Editor : Redaksi Sabtu, 20 Agustus 2022 10:21
Indira Jusuf Ismail Lepas Peserta Run to End TB, Ajak Warga Jadikan Makassar Kota Sehat

MAKASSAR, HARIANEWS.COM – Ketua Forum Multi Sektor Eliminasi TB Kota Makassar Indira Jusuf Ismail melepas peserta Run to End TB, di Center Poin Of Indonesia (CPI), Sabtu (20/8).

Kegiatan yang digagas Yayasan KNCV Indonesia bersama Kementerian Kesehatan RI ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari TBC Sedunia untuk meningkatkan pengetahuan, kepedulian, dan kesadaran masyarakat tentang adanya penyakit TBC.

Untuk itu, Indira mengajak seluruh peserta berperan aktif mencegah penularan penyakit TB di Makassar sehingga target eliminasi TB 2030 mendatang bisa tercapai.

Baca Juga : Meski Didesak Banyak Pihak, Danny Belum Beri Lampu Hijau ke Indira Maju Pilwalkot Makassar

“Insya Allah eliminasi TB bisa capai target, untuk itu mari kita bekerja sama menjadikan Makassar kota yang sehat,” kata Indira yang juga Istri Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

Upaya penanganan penyakit TB yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar diakui Indira menarik perhatian pemerintah pusat.

Terbukti, Makassar menjadi satu-satunya kota yang diundang Kementrian Kesehatan membawakan materi pada Forum Koordinasi TB se-Indonesia.

Baca Juga : Mulai ‘Bernyayi’ tentang Pilwalkot Makassar, ini Kata Pengamat Politik soal Istri Danny Pomanto

“Itu berarti kita berada dalam pantauan pemerintah pusat dan itu kita buktikan dengan penurunannya. Tapi kita tidak mau ada TB di Makassar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar, Nursaidah Sirajuddin menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk kampanye SOBAT TB.

Melalui aplikasi SOBAT TB, Nursaidah berharap penyakit TB yang diderita masyarakat Makassar bisa dideteksi dan segera diobati.

Baca Juga : Indira, Istri Danny Mulai Terang-terangan soal Pilwalkot Makassar

“Aplikasi ini untuk menjaring atau mengskrining pasien kemungkinan terpapar TB yang kita tidak temukan,” ungkapnya.

Dia menjelaskan aplikasi SOBAT TB merupakan skrining awal yang dilakukan secara mandiri oleh masyarakat sebelum ditindaklanjuti di puskesmas.

Karena itu, dia meminta seluruh puskesmas, camat, lurah, hingga RT/RW untuk mengajak masyarakat khususnya pengguna android untuk menggunakan aplikasi SOBAT TB.

Baca Juga : Spanduk Ucapan Idulfitri Milik Indira Betebaran, ada Kalimat ‘Lanjutkan Kebaikan’

“Melalui Forum Multi Sektor skrining yang dilakukan lewat SOBAT TB itu betul-betul maksimal. Setelah skrining kita dapat yang terduga terpapar TB, dan itu yang kita tindak lanjuti sampai sembuh,” tutupnya.

Diketahui, pelaksanaan Run to End TB di Kota Makassar didukung Bank Sulselbar dan Komite Olahraga Indonesia (KONI) Makassar. **

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda