Logo Harian.news

Kopidukasi Ambil Bagian dalam Pengambangan Industri Teh di Makassar

Editor : Gita Senin, 10 Juni 2024 11:56
Kopidukasi menggelar diskusi tentang teh di Makassar. (Foto: Gita/HN)
Kopidukasi menggelar diskusi tentang teh di Makassar. (Foto: Gita/HN)

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Lembaga Kursus dan Pelatihan Lembaga Pelatihan Kerja (LKP LPK) Kopidukasi terus melakukan pengembangan skill untuk para master class.

Kali ini, Kopidukasi memberikan pelatihan untuk master tentang teh. Dalam pelatihan ini, para peserta diberikan edukasi tentang sejarah mulai berkembangnya teh hingga beragam jenis teh yang ada di dunia.

Direktur Utama LKP LPK Kopidukasi Irsan Yumenk mengatakan rangkaian pelatihan atau kopi master class yang digelar hari ini merupakan sub bidang pelatihan dari LKPN Kopidukasi khusus untuk para master.

“Ini pelatihan yang keempat. Kalau kemarin pembahasannya tentang kopi, kali ini kami angkat tema baru yang sedang naik daun yaitu teh,” ucapnya Minggu (09/06/2024).

Selanjutnya Harianto selaku Bidang Kurikulum Asosiasi Artisan Indonesia setelah membawakan materi menjelaskan bahwa kedatangannya di Makassar untuk memperkenalkan konsep teh artisan yang saat ini sedang banyak diperbincangkan.

“Jadi materi ini terkait pembahasan teh artisan. Salah satu teh yang berkualitas. Jadi disini lebih ke pengenalan teh artisan. Yang dimana artisan teh itu tentang cara memprosesnya serta jenis-jenis teh seperti apa saja,” jelasnya.

Tak sampai disitu, Harianto juga menerangkan jika saat ini perkembangan industri teh di Makassar juga sangat bagus.

“Di Makassar kalau sisi industri sudah ada. Tapi di sini yang ada dari great komersil. Ada beberapa yang memposisikan menjual produknya. Dan itu juga sudah ada,” katanya.

Lebih lanjut, ia juga sejauh ini telah melakukan riset tentang pengembangan teh di Makassar dan sudah menemukan satu brand teh yang andal.

“Tapi itu baru satu kita temuin yang punya potensi. Dan saya lihat ke depannya Makassar masih punya peluang untuk buka tea house. Kayak kopi shop,” bebernya.

Kedepannya lanjut Harianto, ia bersama Kopidukasi akan berkolaborasi membuat skema sertifikasi untuk profesi teh dan saat ini pihaknya pelan-pelan menyusun kurikulumnya.

“Nah setelah itu selesai, kami akan melakukan penyusunan untuk orang yang tersertifikasi di industri teh dari LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi,” pungkasnya.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda