Logo Harian.news

KPU Siapkan Program Grebeg untuk Gaet Pemilih di Pilgub Sulsel hingga 80 Persen

Editor : Gita Jumat, 21 Juni 2024 21:38
Koordinasi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Sulsel Hasruuddin Husain. (Foto: Shinta/HN)
Koordinasi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Sulsel Hasruuddin Husain. (Foto: Shinta/HN)

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) target partisipasi pemilih pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 27 November 2024 mendatang mencapai 80 persen.

“KPU Sulsel menargetkan partisipasi pemilih sekitar 80% pada pilkada Sulsel tahun ini,” ucap Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Sulsel, Hasruddin Husain, Jumat (21/6/2024).

Angka itu kata Hasruuddin, naik 10% dari pemilihan gubernur (Pilgub) 2018 silam yang mencapai 69,52% dari 4.294.746 pemilih, tahun 2024 Ia cukup optimis partisipasi pemilih bisa mencapai angka 80%.

Baca Juga : Sasar 3 Kota, KPU Desain Debat Pilgub Sulsel Digelar di Luar Makassar

Katanya, pihaknya telah melakukan upaya dalam meningkatkan partisipasi pemilih, salah satunya dengan mempersiapkan program yang berintegritas, yaitu pendidikan pemilih berkelanjutan dan terintegrasi namanya Grebeg.

“Program Grebeg ini sudah ada hampir di seluruh provinsi, tersimpul dari KPU provinsi dengan KPU di kabupaten/kota mencapai 313 kecamatan,” bebernya.

Dirinya menjelaskan program Grebeg tersebut merupakan terobosan baru di Pilkada serentak tahun ini belajar dengan pemilu sebelumnya KPU kabupaten/kota merancang program sosialisasi masing-masing.

Baca Juga : KPU Sulsel Beri Pembekalan ke 260 Mahasiswa KKN Tematik Unhas

“Ini sudah kita undang semua ke Makassar, harapan kita simpul-simpul internal ini mampu bekerja mentransformasi semua informasi dengan baik sampai dengan tingkat desa,”imbuhnya.

Ia menambahkan sosialisasi harus menyasar segmen pemilih pemula. Dari penelitian, generasi Z masih apatis terhadap politik, kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh 24 KPU kabupaten/kota di 313 kecamatan.

“Kami breakdown anggarannya dari KPU Sulsel turun ke kecamatan. Mendatangi kerumunan dalam cafe demokrasi memberi pendidikan politik. Kalau sebelumnya, KPU kabupaten/kota melakukan kegiatannya tersendiri, provinsi tersendiri, kecamatan tersendiri,” tutupnya.

Baca Juga : KPU Sebut Jumlah TPS di Pilkada Sulsel 2024 Berkurang: Dari 26.375 menjadi 14.342

(NURSINTA)

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda