Logo Harian.news

KPU Sulsel Lakukan Rekap Tingkat Provinsi, Baru 12 Kabupaten yang Rampung

Editor : Redaksi Minggu, 03 Maret 2024 17:39
KPU Sulsel Lakukan Rekap Tingkat Provinsi, Baru 12 Kabupaten yang Rampung

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai melakukan rekapitulasi hasil Pilpres dan Pileg 2024 bertempat di Hotel Claro Makassar, Minggu (3/3/2024).

Komisioner KPU Sulsel Ahmad Adiwijaya, mengatakan sebanyak 12 Kabupaten dari 21 Kabupaten dan 3 kota di Sulsel telah menyerahkan rekap suaranya.

Sehingga KPU Sulsel sudah dapat melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi tingkat provinsi.

Baca Juga : KPU Sulsel Segera Susun Tahapan Pilkada 2024: Tahun ini Lebih Profesional

“Per tadi malam sebenarnya ada 8, untuk pagi ini perjam 11:30 itu ada 12 kabupaten kota yang telah menyampaikan kotak rekapitulasi di tingkat kabupaten kota,” ujar.

Ahmad Adiwijaya, juga mengatakan kendala tingkat Kabuapten dan kota terjadi karena dinamika di lapangan berbeda beda disetiap wilaya.

“Mungkin ada proses direkapitulasi tingkat kabupaten kota yang butuh koreksi terhadap rekap tingkat kecamatan, dan itu bagian dari mekanisme akuntabilitas kita menjaga kemurnian suara rakyat yang disalurkan melalui TPS di tanggal 14 Februari lalu,” jelasnya.

Baca Juga : Sulsel Lampaui Target Nasional, ini Deretan Kabupaten/Kota dengan Partisipasi Pemilih Tertinggi

Sementara, Ketua KPU Sulsel Hasbullah dalam sambutannya mengatakan, rekapitulasi suara di tingkat provinsi mulai Minggu (3/3/2024) hingga Minggu (10/2/2024) nanti.

“Kita berharap bisa selesai sebelum tanggal 10 itu, saya optimis kalau semua rekap kabupaten/kota bisa selesai,” ujarnya.

Sementara terkait, salah konversi dalam membaca data Formulir Model C1-Plano atau catatan hasil penghitungan suara Pemilu 2024 pada sistem informasi rekapitulasi (Sirekap). Hasbullah mengatakan, semua dalam tahapan dikoreksi setiap saat.

Baca Juga : Siapa Jagoanmu? Ini Deretan 85 Politikus yang Berhasil Melenggang ke DPRD Sulsel

“Seperti yang dikatakan KPU Pusat, kita selalu melakukan koreksi setiap saat, karenakan di sirekap itu alat bantu untuk melihat saja jadi tidak selalu akurat sisitemnya membaca C1 yang di posting, kadang angka 3 dibaca 8 itu yang sedang diusahakan KPU,” tandasnya.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : NURSINTA

Follow Social Media Kami

KomentarAnda