Logo Harian.news

LPPM UNUSIA dan UMPalopo Sepakat Kolaborasi Penelitian

Editor : Redaksi Kamis, 01 Juni 2023 10:25
LPPM UNUSIA dan UMPalopo Sepakat Kolaborasi Penelitian

PALOPO, HARIAN.NEWS – Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) dan Universitas Muhammadiyah Palopo (UM Palopo) membangun kerjasama pendidikan dan penelitian. Kerjasama disahkan dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) oleh kedua universitas.

Selanjutnya, masing-masing Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNUSIA dan UMPalopo menindaklanjutinya dengan menandatangani Memorandung of Agreement (MOA). Kemudian, kedua Program Studi (Prodi) Akuntansi masing-masing kampus sepakat melakukan pertukaran dosen dan kolaborasi penelitian antar dosen melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM). Kesepakatan tersebut dituangkan dalam Implementation Arrangement (IA) terkait pendidikan dan penelitian.

Kegiatan penandatanganan kerjasama dihadiri oleh masing-masing Pimpinan kedua Universitas, dari UNUSIA hadir H. Juri Ardiantoro, M.Si., Ph.D (Rektor), dr. Syahrizal Syarif. Ph.D (Wakil Rektor IV), Para Dekan, Kepala Lembaga dan Ketua Prodi. Sedangkan dari UMPalopo hadir Prof. Dr. Suhardi M. Anwar, Drs., M.M (Rektor), Para Dekan, Kepala Lembaga dan Ketua Prodi. Kegiatan berlangsung secara hybrid dari masing-masing kampus.

Baca Juga : Pelindo dan Pindad Teken Kerja Sama Pengelolaan Pendistribusian Ikan

Rektor UNUSIA dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Rektor UMPalopo atas kerjasama yang terjalin antara dua institusi.

“Kami berterimakasih dan menyampaikan apresiasi kepada Pak Rektor Universitas Muhammadiyah Palopo karena telah berkenan melakukan kerjasama dengan Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia, kami menyambut baik dan berharap kerjasama ini bisa meningkatkan kualitas pendidikan kedua Universitas,” terangnya.

Juri Ardiantoro juga menegaskan “jika kedua organisasi besar (Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah) sudah duduk bersama, maka Negara ini akan semakin kuat, dan hal tersebut terjadi hari ini melalui kedua institusi pendidikannya (UNUSIA dan UMPalopo),” (31/05/23).

Baca Juga : Pulang Kampung ke Selayar, Ketua PERMAS Deng Ical Gandeng Baznas Pengelolaan ZIS Bagi Masyarakat Selayar di Perantauan

Bukan hanya Juri, Suhardi Rektor UMPalopo juga mengapresiasi kerjasama dua institusi pendidikan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. “Saya sangat senang karena kami diberi kesempatan untuk bekerjasama dengan Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia, apalagi UNUSIA ini tinggal di Ibu Kota, UMPalopo harus belajar banyak dari UNUSIA,” terangnya.

“Saya berharap, kerjasama ini bisa kita kembangkan keberbagai hal untuk kemajuan kedua universitas,” jelas Suhardi.

Juri juga menyampaikan bahwa FEB UNUSIA merupakan salah satu fakultas favorit di UNUSIA, sehingga kita dorong terus sehingga menjadi ikon UNUSIA yang memiliki Prodi Akuntansi dan Ekonomi Syariah.

Baca Juga : FH Unhas dan FH Unsultra Kerjasama Bidang Ini Selama Lima Tahun

Taufik Hidayadi Dekan FEB UNUSIA menyampaikan bahwa kedua lembaga sepakat untuk kolaborasi dalam bidang penelitian.

“Nantinya dosen dari akuntansi UNUSIA dan UMPalopo akan berkolaborasi dalam penelitian akuntansi yang melibatkan mahasiswa. Tidak hanya itu, kita juga sepakat bekerjasama dibidang publikasi dan pengelolaan jurnal,” tambahnya.

Selanjutnya, Taufik menyampaikan bahwa saat ini sedang berlangsung pertukaran dosen, dari UMPalopo dikirim Ibu Dr. Risma untuk mengampuh matakuliah metodelogi penelitian, tutup Dekan FEB UNUSIA.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda