Logo Harian.news

2 Kali Kalah atas Danny, Kali ini Berhadapan Istri Danny

Maju Ketiga Kalinya, Begini Kata Pengamat soal Peluang Appi di Pilwalkot Makassar

Editor : Rasdianah Jumat, 28 Juni 2024 20:18
Bicang politik "Ngopi Sore Pilkada 2024". Foto: HN/MY Yahya
Bicang politik "Ngopi Sore Pilkada 2024". Foto: HN/MY Yahya

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2024 kali ini dipastikan lebih seru dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, banyak wajah lama versus wajah pendatang baru yang juga bermunculan untuk menggantikan Moh Ramdhan Pomanto di kursi 01 Makassar.

Di deretan wajah lama misalanya, masih ada mantan Manager PSM Makassar Munafri Arifuddin (Appi), Rusdin Abdullah (Rudal), Abdul Rachman Bando (ARB). Sementara pendatang baru, ada Indira Jusuf Ismail (Istri Danny Pomanto), Rahman Pina (RP), Ketua Umum Koni Makassar Ahmad Susanto, Mantan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa.

Selain itu, ada birokrat seperti Irwan Rusfiadi Adnan (Pakintaki) dan Politikus PKS Amri Arsyid yang juga ikut meramaikan wajah-wajah bakal calon Wali Kota Makassar 2024 kali ini.

Baca Juga : Indira Belum Munculkan Wakil di Pilwali Makassar, Danny: Tunggu Survei Terbaru

Dari sederet nama kandidat ini, menarik jika membahas sosok Munafri Arifuddin alias Appi yang pengalamannya melawan sang empunya Amirullah yakni Wali Kota Makassar dua periode Moh Ramdhan Pomanto di tahun 2018 dan 2020 silam.

Dari dua kali pertemuan, mantu pendiri Bosowa Grup Aksa mahmud itu tak pernah menang sekali pun di Pilwali Makassar. Pertama di tahun 2018 lalu, Appi yang berpasangan dengan dr. Rahmatilah Dewi (Cicu) harus mengakui kekalahannya melawan kotak kosong di kala pasangan Moh Ramdhan Pomanto bersama Indira Mulyasari (DIAMI) digugurkan oleh pihak KPU Makassar karena persoalan pelanggaran pemilu karena Danny Pomanto dianggap melanggar.

Pertemuan kedua figur ini berlanjut di Pilwali Makassar 2020 lalu. Kala Danny Pomanto berpasangan dengan Fatmawati Rusdi (ADAMA), Syamsul Rizal dengan dr.Fadli Anandi dan tentunya Munafri Arifuddin bersama Abdul Rahman Bando (ARB). Lagi-lagi peluang Appi yang saat itu diprediksi memenangi Pilwali Makassar harus menerima kekalahan dari pasangan Danny dan Fatma (ADAMA).

Baca Juga : Appi Temui Aliyah Mustika, Sinyal Berpaket di Pilwalkot Makassar?

Kali ini, Munafri Arifuddin kembali maju untuk ketiga kalinya di Pilwali Makassar 2024 yang bisa dipastikan bakal menghadapi pengaruh Danny Pomanto melalui tangan magis Indira Jusuf Ismail yang ingin maju sebagai Wali Kota Makassar berikutnya.

Apakah prediksi Appi bakal menang nantinya melawan pengaruh Danny Pomanto? Dalam acara diskusi politik yang diadakan oleh Komunitas Jurnalis Politik (KJP) di lapak kopi Abangda. Pengamat Politik dan Hankam, Arqam Azikin secara gamblang mengatakan hanya Moh Ramdhan Pomanto yang paham bagaimana cara untuk mengalahkan Munafri Arifuddin bersama timnya.

Analisa dari pria ber-akronim KAK ini berdasarkan pertemuan kedua figur tersebut di Pilwali Makssar. Di mana, Danny berhasil meramu strategi politik untuk menghadapi Munafri Arifuddin dan berhasil memenangkan kontestasi Pilwali Makassar.

Baca Juga : Prestasi Mentereng Rahman Pina vs Munafri Arifuddin: Siapakah Jagoan Golkar untuk Pilwali Makassar 2024?

“Hanya Danny yang paham bagaimana cara mengalahkan Appi di Pilwali dan itu terbukti. Di tahun 2018 kalah melawan kotak kosong dan di tahun 2020 kalah melawan Danny Pomanto bersama Fatmawati Rusdi,” ucap Arqam, Jumat (28/6/2024).

Akan tetapi, Arqam menyampaikan jika benar Appi akan kembali bertarung di Pilwali Makassar 2024 lalu berhadapan dengan Indira Jusuf Ismail yang tentunya peran Danny bakal mengiringi langkah politik sang istrinya itu.

“Appi harus merubah metodologi politiknya kali ini jangan pakai seperti tahun-tahun sebelumnya. Jadi dia (Appi) membuat metodologi politik baru karena geopolitik yang digunakan Indira masih tetap milik Danny Pomanto,” tegasnya.

Baca Juga : Temui Alfian Mallarangeng, Sinyal Kuat Demokrat Usung Paket ERAT-RSA

Menurut survei Smart Power Institute, Munafri Arifuddin secara popularitas 91,5% dan elektabilitas 36,5% mengalahkan survey Indira secara popularitas sekisar 66,7% dan secara elektabilitas mencapai 8,9%. Maka kata Arqam, Appi harus memanfaatkan hasil survey sementara ini.

“Appi selalu unggul kalau berdasarkan hasil dari lembaga survey saat ini. Seharusnya itu dimanfaatkan kalau memang serius maju di Pilwali Makassar,” sebutnya.

Saat ini, Munafri Arifuddin ditargetkan akan mengendarai Partai Golkar Makassar untuk mengikuti Pilwalkot Makassar. Akan tetapi, politisi Golkar lainnya yakni Rahman Pina juga bisa mengancam posisi mantan manager PSM Makassar tersebut.

PENULIS: MUH YUSUF YAHYA

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda