Logo Harian.news

Makassar F8 Hadirkan Kembali Kisah Daeng Mangalle Lewat 17 Tau Barania

Editor : Ahmad Kamis, 08 September 2022 09:21
Makassar F8 Hadirkan Kembali Kisah Daeng Mangalle Lewat 17 Tau Barania

MAKASSAR, HARIANEWS.COM – Makassar F8 kembali mengingatkan perjuangan seorang panglima perang Daeng Mangalle. Kisah Daeng Mangalle ini dituangkan dalam sebuah pertunjukan angngaru yang ditampilkan di hadapan para tamu.

Angngaru ini diperankan oleh 17 tau barania yang merupakan sebutan untuk pejuang yang mencoba mempertahankan harga diri dan martabatnya di hadapan musuh.

Menggunakan badik sebagai senjata khas Bugis Makassar. Dengan badik dianggapnya menjadi jati diri seorang lelaki pemberani jika digunakan dengan baik dan akan menjadi bencana ketika disalahgunakan.

Baca Juga : Ma’baca Doang, Tradisi Lebaran Bugis-Makassar yang Masih Terjaga

Di depan tamu yang memadati Anjungan Pantai Losari, pasukan tau barania yang tergabung dalam angngaru ini tampil gagah dengan setelan baju khas Makassar lengkap dengan songkok pasapu yang menjadi ciri lelaki Makassar.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto mengatakan dengan penampilan angngaru ini diharapkan mampu mengembalikan semangat juang para lelaki Makassar dalam mempertahankan apa yang menjadi miliknya.

“Laki-laki Makassar itu pemberani. Kisah Daeng Mangale ini adalah super hero di jamannya. Ini bisa menjadi motivasi bagaimana kita bersikap untuk menjaga dan mempertahankan apa yang menjadi hak kita,” pungkasnya.

Baca Juga : Siapa nih yang Sering Ma’burasa? Ternyata ada Makna Mendalam di Baliknya

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda