Logo Harian.news

Manfaat Mengajarkan Anak Puasa: Tubuh Sehat Hingga Gaya Hidup Sederhana

Editor : Redaksi Sabtu, 30 Maret 2024 11:20
Dok. Freepik
Dok. Freepik

HARIAN.NEWS – Puasa merupakan salah satu ibadah yang memiliki kedudukan yang sangat penting dalam agama Islam. Ibadah ini dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia sebagai bagian dari ketaatan kepada Allah SWT.

Pengertian puasa tidak hanya sekedar menahan diri dari makan, minum, dan hubungan suami istri, tetapi juga memiliki makna dan signifikansi yang dalam dalam konteks spiritual dan sosial.

Puasa memiki banyak manfaat untuk kesehatan bagi yang menjalankannya. Tidak terkecuali untuk anak-anak yang sedang memasuki fase belajar berpuasa sejak dini.

Baca Juga : Manfaat dan Tips Puasa Bagi Pengidap Hipertensi Dari Alodokter

Selain manfaat bagi kesehatan fisik, anak-anak yang belajar berpuasa juga akan mendapatkan manfaat pada kesehatan pikiran dan spiritual.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengajarkan anak berpuasa sejak usia dini. Lantas, ketahui apa saja manfaat yang akan diperoleh anak ketika belajar berpuasa, seperti dikutip di artikel ihc telemed :

1. Tubuh anak menjadi lebih sehat

Sangat wajar bila anak akan merasa lemas ketika menjalani ibadah puasa, namun ketika berbuka anak akan lebih banyak menikmati menu makanan, terlebih bila menu makanan yang disajikan adalah sayuran atau buah-buahan. Dengan membuat menu berbuka berbahan dasar sayur atau buah-buahan, anak akan menjadi lebih sehat karena pada siang hari anak tidak bisa jajan sembarangan.

2. Mengajarkan anak tentang agama

Agama merupakan benteng yang akan menjaga manusia dari perilaku negative. Bila anak sudah dibiasakan untuk melakukan ibadah puasa sejak dini, akan memicu anak untuk lebih mengenal dengan nilai-nilai agama hingga dewasa serta membentuk karakter anak dengan perilaku positif.

3. Mengajarkan sabar dan menghargai waktu

Anak akan lebih terlatih untuk sabar dengan belajar menahan lapar dan dahaga sejak awal fajar hingga azan magrib berkumandang. Kemudian anak akan lebih menghargai waktu, karena pada saat sahur anak dikondisikan untuk bangun lebih pagi dan tidak malas bangun.

4. Mengajarkan gaya hidup sederhana

Manfaat selanjutnya yang bisa diraih ketika anak belajar berpuasa adalah anak akan terdidik menjadi pribadi yang sederhana dan tidak boros. Dengan menjalankan ibadah puasa yang mengharuskan anak menahan lapar dan dahaga, anak akan lebih berusaha menghargai dan mensyukuri apa yang dimilikinya. Dalam hal ini orangtua juga memiliki peran yang penting dalam memberikan contoh teladan yang baik.

Beri edukasi yang baik dan benar akan manfaat puasa dengan sabar dan bahasa yang mudah dicerna. Mendidik anak untuk berlatih puasa sejak dini juga perlu memperhatikan batas dan kemampuan fisik dari usia anak.

Agar anak lebih semangat dalam belajar berpuasa, sajikan makanan dan minuman yang menarik, digemari dan sehat untuk anak. Karena anak juga membutuhkan nutrisi dan gizi yang cukup guna menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda