Logo Harian.news

Menuju Pemeringkatan Kampus Internasional, UMI Gandeng Kampus Peringkat 70 terbaik di Dunia

Editor : Redaksi Kamis, 25 Agustus 2022 21:45
Menuju Pemeringkatan Kampus Internasional, UMI Gandeng Kampus Peringkat 70 terbaik di Dunia

HARIANEWS.COM – Universitas Muslim Indonesia (UMI) terus berbenah dalam penguatan daya saing untuk menuju pemeringkatan kampus internasional. Salah satu langkah akselerasi dengan kerjasama international.

Rektor UMI, Prof. Dr. H Basri Modding, SE., MSi menandatangani MoU dengan Naib Canselor Universitas Malaya, Prof. Dato Ir Mohd Hamdi Abd Shukor disaksikan oleh Hj.Rosnaningsih Aras, SE , Bendahara Yayasan Wakaf UMI di Canseleri Universiti Malaya (23/8)

Naib Canselor Universitas Malaya, Prof. Dato Ir Mohd Hamdi Abd Shukor dalam sambutan penerimaan mengucapkan terima kasih atas kunjungan Rektor UMI bersama rombongan di kampus UM.

Baca Juga : Prodi Jurnalistik Gelar PKTI, Upaya Pemahaman KTI Lebih Awal

“Saya gembira dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan Rektor UMI bersama delegasi di Universitas Malaya. Rumpun yang sama, agama dan budaya yang sama, akan memudahkan kita mencari kesamaan dan banyak hal bisa dilakukan secara bersama. Karena itu, penandatanganan hari ini dapat ditindaklanjuti dengan berbagai program, seperti riset bersama, pertukaran dosen dan mahasiswa dan program lainnya, ujarnya.

“Moga dengan jalinan kerjasama ini dapat mengeratkan silaturrahim sekaligus menjadi landasan ilmu dalam menawarkan program yang bersesuaian mengikut kehendak pasaran tanpa mengabaikan ilmu-ilmu turath Islam seantara Asia,” ujar Prof Hamdi.

Dalam kesempatan tersebut Prof Hamdi juga memperkenalkan sejarah berdirinya Universitas Malaya sebagai kampus pertama dan tertua di Malaysia yang telah berusia 117 tahun dan menduduki rangking 70 universitas terbaik di dunia.

Baca Juga : Asah Skill Komunikasi Bisnis, Prodi Ilkom UMI dan CMC UC Makassar Gelar Program Divent 2024

“Sejarah berdirinya UM bermula dari Singapura. Tahun1949, penggabungan Kolej Perubatan King Edward VII dan Kolej Raffles mewujudkan university. Pertumbuhan pesat, tahun 1959, membolehkan universiti menjadi dua bahagian autonomi, satu di Singapura dan satu di Kuala Lumpur. Tahun 1960, oleh kerajaan Malaysia, kedua bahagian ini harus menjadi universiti kebangsaan. Sehingga terbagi satu di Singapura, dengan nama Universiti Kebangsaan Singapura dan satu di Malaysia dengan Universiti Malaya,” ujar Prof Hamdi.

Lanjut dikatakan, UM memiliki 17 fakultas dengan berbagai bidang ilmu, memiliki 2,300 dosen dan mahasiswa 29.000. UM telah melahirkan ribuan tokoh ulama dan cendekiawan Islam di Malaysia

Sementara itu, Rektor UMI, Prof.Dr. H Basri Modding, mengatakan terima kasih atas penerimaan yang luar biasa oleh Rektor UM dan jajaran Pimpinan UM.

Baca Juga : Luluskan 3.610 Wisudawan Periode I 2024, Rektor UMI Prof Sufirman Imbau Alumni Mampu Berkompetisi di Era Society 5.0

“Kehadiran kami lebih menguatkan silaturrahmi yang telah terjalin dengan penandatangan MoU hari ini, tentu berharap dengan kolaborasi ini kami juga ingin belajar di UM sebagai universitas terbaik di dunia dengan rangking 70 dan terbaik pertama di Malaysia, ujarnya

Lanjut dikatakan, kerjasama dengan Universitas Malaya merupakan bentuk komiten dan ikhtiar UMI menuju pemeringkatan kampus internasional. Salah satu diantaranya dengan melakukan kolaborasi dengan kampus peringkat tertinggi dan Universitas Malaya merupakan kampus menduduki rangking70 dunia dan terbaik pertama di Malaysia, meskipun kerjasama telah terjalin sebelumnya, seperti visit dosen UM ke UMI dan seminar Bersama.

Pada kesempatan tersebut, Prof Basri juga memperkenalkan UMI sebagai Lembaga Pendidikan dan dakwah yang telah berusia 68 tahun dan status akreditasi menduduki peringkat 27 dengan dari kurang lebih 4000 perguruan tinggi di Indonesia.

Baca Juga : Hadiri Penerimaan SK Pejabat Baru FP-UMI, Rektor UMI: Visi Misi UMI Terwujud dari Team Work

“UMI mengelola 59 program studi dengan 13 fakultas dan program pascasarjana. UMI posisi 10 kampus terakreditasi Unggul seluruh Indonesia oleh BAN PT. Kami berikhtiar untuk mengantar UMI pada pemeringkatan, universitas dengan skala dunia,” tegas Prof. Basri

Nampak hadir dari UM, Profesor Dr. Mohd Roslan Bin Mohd Nor (Ketua Jabatan Sejarah Dan Tamadun Islam), Prof. Madya Dr Faisal Ahmad Faisal Bin Abdul Hamid (Jabatan Sejarah Dan Tamadun Islam), Profesor Dr. Nursheena Binti Mohd Zain (Pengarah, International Relations Office), En. Mohd Fakhrulrazi Bin Ibrahim (Pengurus (Pentadbiran), Puan Nur Liyana Binti Abdul Manaff (Penolong Pendaftar Penyelidikan), Puan Salifah Hasanah Ahmad Bedawi (Partnership Manager Africa, Middle East & Southest Asia)

Sementara dari UMI, Wakil Rektor II Prof. Salim Basalamah,SE.,MS, Wakil Rektor V, Prof. Dr. Ir. Muhammad Hattah Fattah, Kepala LPkM, Prof. Dr. Achmad Gani,SE.,MSi dan Kepala Humas, Dr. Nurjannah Abna. **

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

Tag : kampusUmi
KomentarAnda