Logo Harian.news

Menyoal Besaran Belanja Politik Danny Jika Indira Maju 01 Makassar

Editor : Rasdianah Sabtu, 29 Juni 2024 09:22
Indira Jusuf Ismail. Foto: dok
Indira Jusuf Ismail. Foto: dok

Jika Indira Mantap Jadi 01 Makassar, Danny Pomanto Wajib Pikirkan Belanja Politiknya Membengkak

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Istri Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Indira Jusuf Ismail sekarang menjadi primadona di kalangan pemikir perpolitikan Kota Makassar usai didorong oleh sejumlah pendukungnya untuk menjadi kandidat Wali Kota di Pilwali 2024 pada Agustus mendatang.

Kehadiran Indira sebagai pendatang baru di Pilwali Makassar tentu tidaklah dirasa aneh bagi sebahagian pengamat politik yang kini mengamati perpolitikan di tanah anging mammiri. Ia merupakan istri tercinta sang arsitektur dan ahli tata kota yang sekarang menjabat sebagai Wali Kota Makassar yaitu Moh Ramdhan Pomanto atau Danny Pomanto.

Baca Juga : Dukungan PKB Menguat, Indira Sebut Azhar Berpeluang Mendampinginya

Support dan dukungan para pendukung setia wali kota dua periode itu otomatis berpindah ke Indira secara perlahan karena dianggap sebagai sosok penerus Moh Ramdhan Pomanto memimpin Pemkot Makassar selanjutnya.

Berbicara Pilkada 2024 tahun ini, sang empu Amirullah (Danny Pomanto) itu juga wajib memikirkan ongkos politik yang tentu tidak sedikit menggunakan anggaran dalam berbelanja dukungan di sejumlah partai politik. Apalagi, Danny sendiri bakal maju sebagai kandidat Gubernur Sulsel jika telah mendapatkan dukungan dari sejumlah partai politik.

Kembali ke pembahasan Indira, Pilwali Makassar 2024 juga patut dipikirkan oleh Danny jika ingin membiayai sang istri tercinta menduduki kursi yang sekarang ia duduki itu. Kenapa? Walikota Makassar yang akrab di sapa DP itu pun harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit jika memang Indira jadi melenggang ke Pilwali Makassar 2024 apalagi nilainya bisa mencapai ratusan miliar rupiah.

Baca Juga : Menguat di Pilwalkot Makassar, Indira Dipuji Akademisi sebagai Sosok Kharismatik

Secara otomatis, Danny harus dua kali mengeluarkan budget yang cukup besar untuk membiayai sang istri begitu pun dirinya sendiri di Pilgub Sulsel 2024. Hal ini diamini oleh pengamat politik dan Hankam, Arqam Azikin melihat gerakan politik yang dibangun oleh Danny Pomanto sekarang.

Arqam Azikin bilang jika Indira serius maju di Pilwali Makassar 2024 dan Danny Pomanto pun ikut meramaikan Pilgub Sulsel 2024 bisa dipastikan biaya belanja politik itu mencapai ratusan miliar rupiah digunakan secara bersamaan.

“Wah kalau benar Indira maju di Pilwali Makassar dan Danny Pomanto juga maju di Pilgub Sulsel 2024 bisa dipastikan hal itu terjadi,” kata Arqam pada harin.news, Jumat (28/6/2024).

Baca Juga : Soal Penyegelan SD Inpres Pajjaiang, Danny Pikirkan Alternatif Penggunaan GOR Sudiang untuk Tampung Siswa

“Tapi saya rasa Danny Pomanto tidak akan ngotot menjadikan Indira kosong satu Makassar karena harus belanja dua kali,” ucap KAK sebutan Arqam Azikin.

Namun, Arqam menyebut, peluang Indira cukup besar untuk memenangkan kontestasi Pilwali Makassar 2024, meski Indira bukanlah kader partai atau tokoh politik ulung yang sanggup menggiring dukungan masyarakat untuk dipilih menjadi Walikota Makassar berikutnya.

Arqam menyebutka,. di sini, peran Danny Pomanto sebagai pilar utama dukungan untuk Indira pastinya akan diperhitungkan apabila Pemkot Makassar tidak ingin kedatangan pendatang baru atau kandidat yang selama ini turut sohor diperbincangkan maju di Pilwali Makassar.

Baca Juga : Seriusi Program RISE, Danny Persiapkan Perwali Khusus

Untuk diketahui, kandidat kuat lainnya selain Indira Yusuf Ismail di Pilwali Makassar juga tak sedikit dan tidak juga tak bisa di anggap remeh. Seperti Munafri Arifuddin (Appi), Abdul Rahman Bando (ARB) , Rahman Pina (RP), Rusdin Abdullah (Rudal), Adi Rasyid Ali (ARA) bukanlah orang baru dalam perhelatan Pilkada Makassar.

Mereka bukanlah wajah baru, melainkan pernah terjun di Pilkada Makassar beberapa tahun lalu meski tak berhasil memenangkan kontestasi politik yang di menangkan oleh Danny Pomanto sebagai Walikota Makassar.

Melihat wajah baru di Pilwali Makassar 2024 ada sederet nama sohor yang patut diperhitungkan oleh tim sukses Indira Jusuf Ismail. Seperti Ketua Umum Koni Makassar, Ahmad Susanto (AS), Kader Gerindra Andi Seto Asapa yang juga mantan Bupati Sinjai.

PENULIS: MUH YUSUF YAHYA

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda