Logo Harian.news

Perhatikan Beberapa Tips Ini saat Memilih Hewan Kurban

Editor : Gita Minggu, 09 Juni 2024 21:03
Perhatikan Beberapa Tips Ini saat Memilih Hewan Kurban

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Hari raya Idul Adha 2024 sebentar lagi akan berlangsung. Sebagian besar umat muslim akan menjalankan kewajiban berkurban.

Bagi para umat muslim yang berencana berkurban, tak ada salahnya melakukan persiapan dalam memilih hewan kurban.

Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) kota Makassar Evi Apliati, mengatakan hewan kurban yang hendak disembeli harus masuk dalam program Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH).

Hal itu untuk menjamin hewan kurban tersebut aman dikonsumsi.

“Kita di Pemerintahan kota Makassar itu ada program untuk menjamin kualitas hewan kurban dengan program yang diberi nama ASUH,” ujar melalui saluran telpon, Minggu (9/6/2024).

Tak hanya ASUH, sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan hewan kurban memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), untuk mengetahui asal hewan tersebut.

“Semisal hewan yang dikonsumsi atau misalnya hewan itu dipotong setelah penyembelihan terdapat penyakit atau terjadi indikasi ada penyakit, kita bisa mengembalikan atau bisa melihat sumbernya dari mana,” terangnya.

Berikut tips memilih hewan kurban yang dianjurkan dalam Islam:

Pastikan Hewan Ternak

Harus memastikan bahwa yang mau dikurbankan adalah hewan ternak yang diperbolehkan diantaranya unta, kambing, domba, sapi, kerbau.

“Tentunya semua hewan ini sudah memenuhi ketentuan sebagai hewan ternak yang sehat dan layak untuk dikurbankan,” jelasnya.

Umur Hewan Kurban

Umur yang disyaratkan memenuhi kriteria kurban adalah yang minimal berumur 1 tahun. Kemudian, jika Anda ingin berkurban sapi atau kerbau, maka umur yang masuk kriteria kurban adalah 2 tahun.

Hewan Kurban Tidak Cacat

Hewan kurban harus dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit seperti demam, kurang nafsu makan, kudis, ada ekskreta (buangan) dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, diare, serta lemas.

“Hewan ternak yang anda pilih haruslah hewan ternak yang sehat cuping hidungnya basah, tetapi bukan karena flu. Selain itu lihat juga bulunya yang harus bersih dan mengkilap. Cek juga pernafasan dan juga detak jantungnya,” tandas Evi .

(NURSINTA)

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda