Logo Harian.news

Peringati Satu Muharram, YIC Al-Markaz Makassar Siapkan Haflah Tilawatil Quran dan Dzikir Bersama

Editor : Gita Jumat, 05 Juli 2024 19:33
Peringati Satu Muharram, YIC Al-Markaz Makassar Siapkan Haflah Tilawatil Quran dan Dzikir Bersama

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Yayasan Islamic Center (YIC) Al-Markaz Al-Islami akan menggelar Muhasabah, Dzikir, dan Haflah Tilawatil Quran untuk memperingati satu Muharram tahun baru Islam 1446 Hijriah yang jatuh pada Minggu, 7 Juli 2024.

Ketua Panitia Satu Muharram Masjid Al-Markaz Al-Islami, Muannas, menyampaikan bahwa muhasabah adalah kegiatan utama perayaan tahun baru Islam tahun ini.

“Kita perlu merayakan ini juga untuk melakukan introspeksi diri selama setahun terakhir. Oleh karena itu, salah satu rangkaian acaranya adalah muhasabah atau renungan introspeksi diri, apa-apa yang kita lakukan selama setahun terakhir. Berbekal introspeksi kita, ke depannya umat Islam itu mempunyai kualitas hidup yang lebih baik,” kata Muannas, Jumat (5/7/2024).

Baca Juga : Selamat Tahun Baru Islam 1446 H

Kata Muannas, kegiatan zikir dan muhasabah ini akan dipimpin oleh KH. Firdaus Maile.

“Kemudian baru tahun ini juga kita menggelar namanya muhasabah, jadi kita mengundang motivator Islam yang bisa memimpin renungan, introspeksi kita bermuhasabah tentang apa-apa yang kita lakukan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, YIC Al-Markaz Al-Islami juga akan menggelar Haflah Tilawatil Quran yang akan dibawakan oleh qoriah nasional Raodatul Jannah dan qoriah internasional Nurhidayah Sulaiman. Hal ini membuat peringatan tahun baru Hijriyah di Al-Markaz menjadi lebih istimewa.

Baca Juga : Didampingi Fadly “Padi Reborn”, Deng Ical Target Donor Darah Jadi Gaya Hidup Generasi Milenial

“Karena untuk pertama kalinya tahun ini ada namanya Haflah Tilawatil Quran, yang menghadirkan seorang qoriah internasional dan qoriah nasional,” tuturnya.

Muannas menuturkan perayaan tahun baru Islam ini juga menjadi ajang silaturahmi bersama jemaah untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah.

“Ini akan menjadi sebuah event untuk menjalin silaturahmi di antara kita semua, jadi memperkuat ukhuwah Islamiyah di dalam menyemarakkan atau melakukan syiar Islam,” pungkasnya.

Baca Juga : Danny Pomanto Bersama Puluhan Ribu Masyarakat NU, Munajat Doa Sambut Tahun Baru Islam 1445 H

Rangkaian kegiatan akan diawali dengan shalat Maghrib berjamaah, dilanjutkan dengan dzikir bersama menjelang shalat Isya. Setelah salat Isya, acara utama yaitu Haflah Tilawatil Quran dan Muhasabah akan berlangsung.

Penulis: Nursinta

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda