Logo Harian.news

Respons Perkembangan Teknologi, TP PKK Makassar Gelar Sosialisasi Literasi Digital

Editor : Rasdianah Kamis, 06 Juni 2024 19:39
TP PKK Makassar menggelar sosialisasi internet sehat. Foto: ist
TP PKK Makassar menggelar sosialisasi internet sehat. Foto: ist

HARIAN.NEWS, MAKASSAR- Dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kecerdasan dalam menggunakan internet, TP PKK Kota Makassar mengambil inisiatif dengan mengadakan serangkaian sosialisasi.

Kegiatan yang berlangsung di Auditorium TP PKK Kota Makassar sejak tanggal 4 hingga 6 Juni 2024 hari ini, diikuti oleh para kader PKK dari berbagai tingkatan, mulai kecamatan, kelurahan, hingga kader PKK remaja.

Psikiater dan Kordinator Hubungan antarlembaga IDI Makassar dr Mayamariska Sanusi, dan Ahli Perlindungan Anak dari Yayasan BaKTI Arafah diundang sebagai pembicara untuk memberikan wawasan.

Baca Juga : Kecamatan Panakukkang Terima Kunjungan Monev TP PKK Makassar di Dua Posyandu

Ketua Pokja II TP PKK Kota Makassar Linda Salengke mengatakan sosialisasi tersebut adalah respons proaktif terhadap perkembangan teknologi yang saat ini semakin pesat.

“Tujuan utama dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang literasi digital kepada anggota dan kader TP PKK, yang nantinya akan menjadi jembatan informasi bagi masyarakat luas,” kata Linda, Kamis (6/6/2024).

Di samping itu, juga bertujuan untuk mengajak para kader, yang banyak di antaranya adalah ibu rumah tangga dan remaja, untuk memanfaatkan media sosial secara lebih produktif dan positif.

Baca Juga : Rapat Dewan, PKS Beri 9 Catatan Penting ke Danny: Singgung Ekonomi Warga hingga Judi Online

Terlebih lagi, kata Linda, saat ini penggunaan media sosial menjadi bagian tak terpisahkan dari kemajuan teknologi, pemahaman yang mendalam sangat diperlukan untuk menghindari dampak negatif terhadap emosi dan perilaku masyarakat.

“Jadi melalui sosialisasi ini, kami ingin kader PKK mampu menjadi agen perubahan dalam pemanfaatan teknologi digital yang sehat dan bijak,” ujar Linda.

Pada kegiatan ini, para peserta diberi penjelasan tentang langkah-langkah preventif untuk menghindari adiksi internet, termasuk detoksifikasi digital, pembatasan waktu penggunaan internet, serta pengaturan waktu dan jenis permainan atau media sosial yang digunakan.

Baca Juga : Jumat Sehat, Jajaran OPD Kecamatan Panakukkang Gelar Senam Bersama

Khusus untuk kader remaja, pentingnya literasi digital ditekankan sebagai sarana untuk bersosialisasi dengan aman dan percaya diri dalam dunia digital.

“Media sosial juga diharapkan dapat menjadi alat untuk belajar berkomunikasi secara efektif, berpikir kritis, mengelola informasi dengan bijak, dan berkreasi,” ujarnya.

Linda Salengke berharap bahwa para pengurus TP PKK di tingkat kecamatan dan kelurahan dapat menjadi contoh yang baik bagi anak-anak dan masyarakat di lingkungan mereka masing-masing

Baca Juga : Danny Pomanto Gandeng Konten Kreator Sosialisasikan Program Unggulan Pemkot Makassar

“Dengan begitu, gerakan keluarga cerdas berinternet ini diharapkan dapat menciptakan dampak positif yang luas,” pungkasnya.

(NURSINTA)

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda