Logo Harian.news

Siap-siap, Fenomena Gerhana Matahari akan Terjadi 8 April 2024

Editor : Gita Rabu, 03 April 2024 08:00
Ilustrasi gerhana matahari total. (Foto: UMSU)
Ilustrasi gerhana matahari total. (Foto: UMSU)

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Ketua Dewan Direksi Asosiasi Astronomi Uni Emirat Arab (UEA), Al Jarwan menjelaskan,fenomena Gerhana Matahari Total akan terjadi pada 8 April 2024 mendatang.

Menurutnya, konsesus Islam menunjuk pada hari pertama bulan Syawal yang jatuh pada tanggal 10 April 2024. Itu artinya, umat Islam menjalankan puasa selama 30 hari.

Al Jarwan menjelaskan munculnya bulan sabit Syawal itu akan bersamaan dengan terjadinya Gerhana Matahari Total pada 8 April 2024.

“Kemunculan bulan sabit sebelum tengah malam menyiratkan bahwa bulan sabit tersebut akan terlihat setelah matahari terbenam keesokan harinya di sebagian besar dunia Islam,” ucapnya.

Itu artinya, adanya bulan sabit sebagai ‘sinyal’ masuknya bulan baru. Dalam hal ini, bulan Ramadan berakhir dan datang bulan Syawal.

Hal ini juga menandakan muslim mengakhiri ibadah puasa Ramadan dan tepat di awal bulan Syawal ini mereka akan berkumpul untuk menjalankan salat Idul Fitri yang biasanya diadakan di masjid maupun lapangan terbuka.

 

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda