Logo Harian.news

Spektakuler dan Unik, BPBD Makasssar Rayakan HUT RI ke-77 di Anjungan Pantai Losari

Editor : Ahmad Rabu, 17 Agustus 2022 15:16
Spektakuler dan Unik, BPBD Makasssar Rayakan HUT RI ke-77 di Anjungan Pantai Losari

MAKASSAR, HARIANEWS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar turut berpartisipasi dalam pelaksanaan upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Makassar yang dipusatkan di Anjungan Pantai Losari Makassar, Rabu (17/08/2022).

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menjadi inspektur upacara. Turut hadir unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan jajaran Pemkot Makassar.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin mengatakan pelaksanaan peringatan HUT RI ke-77 oleh Pemkot Makassar sangat spektakuler dengan konsep yang diusung berbeda dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga : Respons Peringatan Siaga Cuaca Ekstrem, Wali Kota Makassar: Tidak pada Kondisi Puncak

“Alhamdulillah peringatan HUT RI oleh Pemkot Makassar berjalan lancar dan sukses. Selain upacara bendera dan proklamasi, Pemkot Makassar juga menyajikan sejumlah pertunjukan mulai dari pertunjukan seni, atraksi pancuran air “shower merah putih” kemudian pembentangan bendera merah putih sepanjang 5000 meter di anjungan Pantai Losari Makassar,” kata Hendra sapaan akrab Achmad Hendra Hakamuddin.

Lanjut dia, BPBD Makassar menurunkan semua crew dan personil Tim Raksi Cepat (TRC) untuk terlibat dalam prosesi peringatan perayaan HUT RI ke-77 oleh Pemkot Makassar.

Baca Juga : BPBD Perpanjang Status Cuaca Ekstrem Makassar: Siaga hingga 25 Januari

“Ada petugas/crew yang stand by di ambulans dan di perahu amfibi jika terjadi keadaan darurat, personil yang bertugas sebagi pembentang 77 bendera merah putih dan personil upacara peringatan HUT RI ke-77, ucapnya.

Dia menuturkan, pembentangan 77 bendera merah putih dengan panjang masing-masing 65 meter secara serentak dengan melibatkan 1000 petugas gabungan dari BPBD, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Damkar Makassar.

Bendera merah putih yang dibentangkan dengan masing-masing 39 bendera di sisi pelataran Makassar dan 38 bendera di sisi pelataran Bugis. Bendera dengan panjang 5000 meter terbentang menutupi pelataran Bugis dan Makassar di anjungan Pantai Losari Makassar.

Baca Juga : Pengungsi Banjir Makassar Mulai Tinggalkan Titik Pengungsian

“Luar biasa semangat kemerdekaan yang diusung oleh Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto. Pembentangan 5000 meter bendera merah putih punya makna yang berarti yaitu tantangan ke depan tidak ringan, tapi dengan semangat dan solidaritas yang kuat, kita bisa mengarungi tantangan masa depan seperti ombak merah putih yang kita lihat tadi,” ucapnya.

Dia berharap, peringatan yang diusung oleh Pemkot Makassar sesuai dengan tema nasional “Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat” juga menjadi momentum untuk menjaga persatuan dan kesatuan dengan semangat gotong royong demi kesejahteraan bersama warga Kota Makassar.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : Ahmad

Follow Social Media Kami

KomentarAnda