Logo Harian.news

Unismuh Makassar Raih Akreditasi Institusi Unggul, Prof Haedar: Hasil Perjuangan Panjang

Editor : Rasdianah Senin, 12 Februari 2024 16:52
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Haedar Nashir memberikan testimoni melalui video yang ditayangkan dalam acara Silaturahmi Sivitas Akademika Unismuh, yang dihelat di Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh Makassar, Senin (12/2/ 2024). Foto: harian.news/rasak
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Haedar Nashir memberikan testimoni melalui video yang ditayangkan dalam acara Silaturahmi Sivitas Akademika Unismuh, yang dihelat di Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh Makassar, Senin (12/2/ 2024). Foto: harian.news/rasak

HARIAN. NEWS, MAKASSAR — Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Haedar Nashir menyampaikan ucapan selamat kepada segenap sivitas akademika Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar atas pencapaian akreditasi institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Hal itu disampaikan Prof Haedar melalui video testimoni yang ditayangkan dalam acara Silaturahmi Sivitas Akademika Unismuh, yang dihelat di Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh Makassar, Senin (12/2/ 2024).

“Akreditasi unggul ini merupakan hasil perjuangan yang tidak ringan, tapi dari tahap demi tahap sejak awal berdirinya sampai sekarang,” kata Prof Haedar.

Baca Juga : Gelar Pelatihan Mujahid Cyber, Muhammadiyah Sulsel Hadirkan Sejumlah Pakar Digital

Ia juga mengungkapkan bahwa perkembangan Unismuh Makassar yang telah berdiri sejak 1963 tersebut, tidak lepas dari kinerja rektor dari periode ke periode.

“Saya tahu bagaimana perkembangan Unismuh dari periode ke periode, mulai dari Kiai Djamaluddin Akib, kemudian Prof Irwan Akib yang sekarang jadi Ketua PP Muhammadiyah Bidang Pendidikan, dan sekarang dipimpin Prof Ambo Asse,” pungkas Nakhoda Muhammadiyah itu.

Prof Haedar juga menyebut, pencapaian Unismuh bukan hanya kebanggaan warga Muhammadiyah dan masyarakat Sulawesi Selatan, melainkan kebanggaan secara nasional.

Baca Juga : Tingkatkan Publikasi Hasil Riset Dosen, Pascasarjana Unsimuh Makassar Gandeng BRIN

Ia menambahkan, bahwa bersamaan dengan akreditasi unggul ini tersimpan juga amanat untuk menjadikan kampus Unismuh Makassar tetap unggul ke depan.

“Biasanya mempertahankan itu lebih sulit dari pada meraihnya,” tuturnya.

Testimoni yang disampaikan Haedar Nashir melalui video, diperkuat dalam amanah yang disampaikan secara langsung oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, yang membidangi pendidikan, kebudayaan dan olahraga Prof Irwan Akib.

Baca Juga : Unismuh Makassar Lepas Mahasiswa Program Pertukaran Kampus Merdeka

Ia menyebut, bahwa pencapaian akreditasi Unggul Unismuh sebenarnya merupakan bagian dari cita-cita sejarah yang telah dipikirkan sejak tahun 1920.

Irwan menyebut, Ketua Bagian Pendidikan dan Pengajaran saat itu, Haji Hisyam, dalam suatu rapat telah mengungkapkan visinya untuk mendirikan universitas yang megah, unggul dan berkemajuan.

Meskipun Muhammadiyah, kata Irwan, telah memiliki 172 PTMA, namun saat ini baru 9 yang telah terakreditasi Unggul.

Baca Juga : Unismuh Siapkan 850 Mubalig Ramadan: Siap Disebar ke 21 Kabupaten di Sulsel

“Alhamdulillah, Unismuh kampus pertama di Kawasan Timur Indonesia, dan kampus kedua di luar Jawa, setelah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,” ujarnya.

Ia mengingatkan, bahwa capaian ini bukan sekadar sertifikat akreditasi, melainkan keunggulan dalam semua aspek, yang tercermin dalam perilaku keseharian seluruh sivitas akademika.

“Misalnya, pada aspek pelayanan, jangan sampai ada karyawan masuk jam 9 pulang jam 10, sehingga pelayanan kepada mahasiswa tidak berjalan lancar,” ungkap Irwan.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : RASAK

Follow Social Media Kami

KomentarAnda