Logo Harian.news

Unismuh Siapkan 850 Mubalig Ramadan: Siap Disebar ke 21 Kabupaten di Sulsel

Editor : Rasdianah Selasa, 06 Februari 2024 21:47
Lembaga Pengkajian, Pengembangan, dan Pengamalan Al Islam Kemuhammadiyahan (LP3AIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar pelatihan Muballig Hijrah dengan tema "Dakwah Muhammadiyah di Era Digital", Selasa (6 /2/2024). Foto: harian.news/rasak
Lembaga Pengkajian, Pengembangan, dan Pengamalan Al Islam Kemuhammadiyahan (LP3AIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar pelatihan Muballig Hijrah dengan tema "Dakwah Muhammadiyah di Era Digital", Selasa (6 /2/2024). Foto: harian.news/rasak

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Lembaga Pengkajian, Pengembangan, dan Pengamalan Al Islam Kemuhammadiyahan (LP3AIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar pelatihan Muballig Hijrah dengan tema “Dakwah Muhammadiyah di Era Digital”, Selasa (6 /2/2024)

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para mubalig dalam menyebarkan dakwah Muhammadiyah di berbagai tempat selama bulan Ramadan.

Ketua Panitia Dr Ferdinan menyebutkan bahwa Pelatihan Mubalig Hijrah Unismuh Makassar merupakan salah satu program unggulan Unismuh Makassar.

Baca Juga : Buruan! Unismuh Siapkan 1600 Kuota Beasiswa Senilai Rp 3,8 Miliar untuk Maba 2024: Ini Link Pendaftarannya

“Para peserta, terdiri dari mahasiswa, dibina dan dibekali dengan berbagai materi sebelum melakukan misi menjadi mubalig di berbagai tempat selama bulan Ramadan,” tukas Ferdinan.

Ferdinan menjelaskan bahwa Unismuh bekerja sama dengan Lembaga LPCR dan PM PWM Sulsel serta Majelis Tabligh PWM Sulsel, menjadikan fokus utama cabang dan ranting Muhammadiyah di 21 Pimpinan Daerah Muhammadiyah se- Sulawesi Selatan sebagai tujuan para muballig.

“Total jumlah peserta sebanyak 850 orang. Sebanyak 150 mahasiswa mendapatkan penugasan khusus ke daerah yang telah ditetapkan. 150 orang tersebut, terdiri dari mahasiswa Pendidikan Ulama Tarjih (PUT), dan Pendidikan Ustaz Pesantren Muhammadiyah (PUPM) dan Ma’had Al Birr,” ujarnya.

Baca Juga : Usai Ziarah, Kabaharkam Komjen Fadil Imran Ingatkan Warisan Sultan Hasanuddin bagi Generasi Muda

Sedangkan 700 mubalig lainnya berasal dari Ma’had Al Birr. Mereka akan menjalankan program mubalig Hijrah secara mandiri di kampung halaman masing-masing.

Rektor Unismuh Makassar, Prof Ambo Asse, menyampaikan bahwa pelatihan muballig Hijrah tahun 2024 merupakan upaya untuk menyiarkan Muhammadiyah dan Unismuh Makassar.

“Para mahasiswa yang terlibat dalam misi ini diharapkan menjaga nama baik Muhammadiyah dan Unismuh Makassar. Apalagi Unismuh telah terakreditasi Unggul BAN – PT,” tegasnya.

Baca Juga : Dorong Pendidikan Global, Unismuh Makassar Hadirkan Beasiswa untuk Mahasiswa Asing

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor 4, Dr. Mawardi Pewangi, Dekan Fakultas Agama Islam, Amirah Mawardi, Direktur Mahad Al Birr, Lukman Abd Shamad, Direktur PUT, Dr KH Abbas Baco Miro, serta Sekretaris LP3AIK, Dr Nurdin Mappa.

 

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : RASAK

Follow Social Media Kami

KomentarAnda