Logo Harian.news

2025, Seluruh Kecamatan di Makassar akan Dilengkapi Damtor

Editor : Rasdianah Kamis, 27 Juni 2024 15:46
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Makassar, Hasanuddin. Foto: HN/Sinta
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Makassar, Hasanuddin. Foto: HN/Sinta

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) akan melengkapkan kendaraan pemadam kebakaran motor (damtor) untuk seluruh Kecamatan di Kota Makassar pada tahun 2025 mendatang.

“2024 dengan pertimbangan keuangan kita tidak menganggarkan tahun ini. InsyaAllah tahun 2025 kita akan rampungkan ke 153 kelurahan,” ujar Kepala Damkar kota Makassar Hasanuddin, kepada awak media di hotel Fourt Point by Sheraton, Kamis (27/6/2024).

Katanya, saat ini sebanyak 103 Kecamatan di Kota Makassar telah memiliki Damtor, sehingga yang perlu ditambahkan yaitu 50 unit.

Baca Juga : Proses Lelang Sekda Makassar Menuju Tahap Akhir, 3 Nama Besar Keluar: Siapa yang Gugur?

Meski begitu, Ia belum bisa menyampaikan berapa alokasi anggaran untuk menyiapkan 50 unit Damtor.

“Kalau dengan tersisa 50 unit Kita belum tahu pasti karena tergantinya tahun ke tahun berfluktuasi harganya, tinggal kita sesuaikan pada saat pemasukan anggaran 2025,” paparnya.

Di mana, setiap unit dilengkapi mesin pompa, selang (nozel) sirine, dengan kapasitas penampungan air 800 liter. Dikoneksikan dengan instalasi Pemadam Kebakaran Lorong atau Peka Rong dengan jangkauan distribusi air hingga 200 meter guna memudahkan penanganan saat terjadi kebakaran di lorong-lorong sempit.

Baca Juga : DWP Diskominfo Makassar Salurkan Bantuan Pendidikan untuk Anak Tenaga Honorer

“Saya kira efektif, pada saat pemadaman mereka duluan turun termasuk juga di saat kebutuhan lain warga seperti distribusi air bersih saat kekeringan, termasuk juga kebutuhan lain warga,” jelasnya.

“Damtor juga bisa difungsikan warga Makassar sebagai pembersih saluran drainase atau saluran tersumbat, atau siram bunga, tinggal kordinasi dengan kecamatan,” tandasnya.

PENULIS: NURSINTA

Baca Juga : Sengketa tak Berkesudahan, Danny Minta Pemilik Lahan SD Inpres Pajjaiang Segera Lakukan Setrifikasi

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda