Logo Harian.news

Ketinggian Air di Antang Capai 40 Cm, 167 Warga Terpaksa Mengungsi

Editor : Muh Yusuf Yahya Rabu, 17 Januari 2024 21:04
Ketinggian Air di Antang Capai 40 Cm, 167 Warga Terpaksa Mengungsi

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, mencatat sebanyak 167 jiwa terpaksa mengungsi akibat diterjang banjir setinggi 40 cm di Kecamatan Manggala akibat curah hujan lebat terus mengguyur.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Makassar, Ahmad Hendra Hakamuddin mengatakan jumlah pengungsi hingga sore mencapai 167 jiwa yang tersebar di tiga titik pengungsian warga di Kecamatan Manggala.

Tiga titik lokasi pengungsian tersebut, ada di Masjid Al Muttaqin blok 8 Perumnas Antang dengan jumlah pengungsi 32 jiwa (8 KK). Selanjutnya di Masjid Makka Al Mukarrahman, Jalan Suling dengan jumlah pengungsi sebanyak 49 jiwa (14 KK). Kemudian, di Masjid Jibal Nur, Jalan Biola 13 Blok 10, dengan jumlah pengungsi sebanyak 86 jiwa (26 KK).

Baca Juga : BPBD Makassar Perkuat Kapasitas Kota Hadapi Bencana Menuju Resilient City

“Jadi memang saat ini sudah ada beberapa warga yang menyelamatkan dirinya di beberapa titik mengungsi. Laporan pertama yang kami terima itu ada 10 KK, kemudian setelah itu ini terus bertambah, bahkan titik fungsi ini sudah ada tiga titik,” ujar Hendra sapaan akrab Kepala BPBD Makassar itu. Rabu, (17/1/2024).

Hendra mengatakan para pengungsi tersebut rata-rata berasal dari wilayah titik dataran rendah. Sehingga perlu menyelematkan diri akibat ke wilayah yang letaknya cukup tinggi.

“Rata-rata mereka ini memang sekali lagi ada di dataran rendah, sehingga mereka harus mengamankan dirinya,” jelasnya.

Baca Juga : 4 Korban Tewas Tertimbun Tanah Longsor Bastem Ditemukan, BPBD: Masih Ada Korban Lain

Usai mendapat laporan, BPBD Makassar mulai mengambil tindakan dengan memberikan bantuan kepada masyarakat Perumnas Antang yang ada di pengungsian.

“Tadi malam, laporan pertama kami langsung tindaklanjut menyerahkan bantuan dasar seperti Matras, Baby kids, Family kids, selimut, sarung,” ucapnya.

Tak hanya itu, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Makassar untuk segera membangun dapur umum di wilayah pengungsian.

Baca Juga : BPBD Siagakan 122 Personel Hadapi Cuaca Ekstrem Pemilu 2024

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan dinsos, dan pagi ini sudah di gelar dapur umum,” tuturnya.

Lebih lanjutnya, meski masuk wilayah dataran rendah, tidak semua wilayah di Kecamatan Manggala mengalami banjir dan genangan.

“Tapi secara umum di jalan-jalan utama, seperti di antang saat ini termonitoring masih terkendali. Namun memang di beberapa spot sudah terlihat ketinggian air rata-rata sudah 30 cm,” pungkasnya.

Baca Juga : Pemilu di Puncak Musim Hujan, BPBD Makassar Siapkan Strategi Khusus di 4 Kecamatan

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : NURSINTA

Follow Social Media Kami

KomentarAnda