Logo Harian.news

Minimalisir Penumpukan Sampah Plastik, Camat Panakkukang Minta Pegawai Kumpulkan Botol Bekas

Editor : Gita Senin, 08 Juli 2024 09:47
Minimalisir Penumpukan Sampah Plastik, Camat Panakkukang Minta Pegawai Kumpulkan Botol Bekas

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Sampah yang bersumber dari rumah tangga dan plastik memberikan kontribusi terbesar di Kecamatan Panakkukang kota Makassar.

Maka dari itu, untuk meminimalisir penumpukan sampah plastik, Camat Panakkukang M Ari Fadli menugaskan, kepada seluruh pegawai untuk mengumpulkan botol bekas setiap Apel pagi.

Katanya, di Panakkukang memiliki bank sampah sehingga keberadaan tersebut menjadi salah satu solusi untuk mengatasi persoalan sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Baca Juga : Hadir di Bimtek Pokja, Camat Panakkukang Komitmen Dukung Program Ketua PKK

“Kita harus menjadi pelopor dalam menekan angka sampah plastik, sehingga menjadi contoh untuk warga Panakukkang dan lainnya,” ujarnya, Senin (8/7/2024).

Persoalan sampah merupakan tanggung jawab bersama, harus bersama mengelola, termasuk peran penting bank sampah.

Selain itu, guna menjaga lingkungan tetap bersih, menjadi contoh untuk masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga kebersihan, dan membuat sampah menjadi barang ekonomis.

Baca Juga : Hadiri Simposium, Camat Panakkukang Siap Dukung Program Rise Pemkot Makassar

Sementara itu, Sekertaria Camat (Sekcam) Panakkukang Rendra mengajak, seluruh stakeholder untuk terus menjaga semangat dan kekompakan.

Berharap seluruh persoalan sampah tuntas di rumah tangga atau masyarakat. Dengan demikian pada gilirannya tidak ada sampah ke TPA.

“Ini harapan untuk masa depan. Ya paling tidak dapat menekan semaksimal mungkin, sehingga yang dibuang ke TPA hanya residu akhir. Ini akan memperpanjang usia TPA,” tandasnya.

Baca Juga : Setelah 15 Tahun tak Dikeruk, Sedimen Kanal di Kelurahan Pandang Akhirnya Dibersihkan

Penulis: Nursinta

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda