Logo Harian.news

Operasi Ketupat Upaya Menjaga Kamtibmas di Masa Hari Raya

Editor : Redaksi Selasa, 02 April 2024 13:10
Dr. Sakka Pati
Dr. Sakka Pati

Oleh : Sakka Pati
Dosen Fakultas Hukum Unhas

HARIAN.NEWS – Momentum Hari Raya setiap tahun senantiasa disambut oleh seluruh lapisan masyarakat, semangat kebersamaan dan silaturahim sangat terasa. Rutinitas keseharian yang dipenuhi suasana religious, tetap menjadi tantangan dalam terciptanya keamanan dan ketertiban.

Operasi ketupat adalah bukti nyata Kepolisian dalam menjaga ketertiban dan keamanan, selama masa Perayaan Idul Fitri, khususnya selama periode mudik dan arus balik.

Baca Juga : Hadiri Halalbihalal Unhas, Mentan Amran Sampaikan Strategi Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia

Nama “Ketupat” menggambarkan kepadatan lalu lintas yang terjadi selama arus mudik dan arus balik, seperti kepadatan ketupat yang terbungkus dalam anyaman daun kelapa.

Dalam pelaksanaan operasi ketupat tantangan yang dihadapi seperti peningkatan volume lalu lintas dan potensi kriminal yang terus berkembang.

Untuk itu langkah yang dilakukan dalam operasi ketupat adalah, penyekatan dan pemeriksaan, berupa pengaturan pos penyekatan berbagai titik strategis untuk memeriksa kendaraan bermotor dan mengidentifikasi potensi ancaman keamanan, penyuluhan dan edukasi.

Baca Juga : Tak Ingin NasDem Salah Usung di Pilgub dan Pilkada, RMS Minta Wejangan Akademisi

Mengedukasi masyarakat tentang pentingnya keselamatan berkendara,peningkatan patroli, memperkuat patroli di jalan raya untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dan menanggulangi potensi kriminal, Kerjasama antar Lembaga, mengoptimalkan Kerjasama antara kepolisian, TNI dan instansi terkait lainnya untuk meningkatkan efektivitas pengamanan.

Semoga operasi ketupat yang dilakukan jajaran kepolisian dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat Indonesia.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda