Logo Harian.news

RSUD Daya Tandatangani Kerjasama Dengan Poltekkes Tasikmalaya: Tingkatkan Kualitas Implementasi Rekam Medis Elektronik

Editor : Redaksi Kamis, 20 Juni 2024 20:00
RSUD Daya Tandatangani Kerjasama Dengan Poltekkes Tasikmalaya: Tingkatkan Kualitas Implementasi Rekam Medis Elektronik

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Direktur RSUD Daya Kota Makassar Ir. Hj. Rusmayani Madjid, M.Sp menerima kunjungan dari Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan kerjasama pendidikan dalam hal penelitian terkait implementasi rekam medis elektronik di RSUD Daya Kota Makassar.

Dalam sambutannya Ir.Hj. Rusmayani Madjid, M.Sp menyampaikan bahwa meskipun sudah terimplementasi di RSUD Daya Kota Makassar sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan dimana rekam medis elektronik harus dapat terimplementasi di fasilitas kesehatan per Desember 2023 lalu, namun RSUD Daya Kota Makassar sangat terbuka untuk input positif para akademisi dalam pengembangan sistem yang ada.

Baca Juga : RSUD Daya Kota Makassar Sukses Gelar Kegiatan Donor Darah Dalam Rangka Peringatan Hari Donor Darah Sedunia

Hal ini dimaksudkan untuk peningkatan mutu layanan yang diberikan kepada masyarakat menjadi lebih efektif dan efisien.

“Selamat datang di Kota Makassar, Kota Makan Enak, terimakasih sudah jauh-jauh datang dari Provinsi Jawa Barat dan telah memilih RSUD Daya Kota Makassar sebagai wahana untuk dilaksanakannya Tri Dharma Perguruan Tinggi dari Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Kami sangat terbuka untuk program kerjasama yang tentu ditujukan untuk kemajuan bersama” ujarnya.

Andi Suhenda, SKM., MPH dan Ari Sukawan, Amd.RMIK, S.ST., M.Kes selaku perwakilan tim peneliti dosen dari Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya menuturkan bahwa tim memiliki optimisme ke depan akan lebih banyak lagi program yang dapat disinergikan antara RSUD Daya Kota Makassar dan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, tidak hanya dalam lingkup penelitian kesehatan namun juga kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat yang sejatinya senantiasa mendapat dukungan penuh dari pemerintah seperti Kementerian Kesehatan maupaun Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Baca Juga : RSUD Daya Kota Makassar Menjadi Tujuan Kunjungan Studi Banding Pengelolaan Diklat di Rumah Sakit

Dalam komitmennya kedua belah pihak saling bersepakat untuk saling mendukung demi kemajuan bersama.

“Kami memiliki banyak program, seperti workshop bagi petugas rumah sakit termasuk aplikasi gratis yang bisa dipakai dalam pelayanan kesehatan. Jadi kita bisa sama-sama membuat pelayanan lebih baik” tutur Andi sapaan akrabnya.

Kegiatan ini kemudian ditutup dengan Focus Group Discussion (FGD) bersama sejumlah praktisi rekam medis di RSUD Daya Kota Makassar guna mencari solusi untuk peningkatan kualitas pencatatan, pelaporan dan sistem informasi rumah sakit itu sendiri.

Baca Juga : RSUD Daya Makassar Luncurkan Program Vaksinasi Hepatitis B

 

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

Tag : rsud daya
KomentarAnda