Logo Harian.news

Apa Kabar Janji Pimpinan KPK Tangkap Harun Masiku dalam Waktu Seminggu?

Editor : Rasdianah Selasa, 18 Juni 2024 15:38
Karikatur Harun Masiku (Dodi/harian.news)
Karikatur Harun Masiku (Dodi/harian.news)

HARIAN.NEWS, JAKARTA – Sudah seminggu berlalu sejak Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengeluarkan pernyataan mengenai harapan ‘Harun Masiku ditangkap dalam seminggu’, tapi hingga kini kalimat tersebut belum terbukti. Belum ada tanda-tanda Harun Masiku akan diringkus KPK.

Ketua IM57+ Institute, M Praswad Nugraha, gamblang mengatakan pernyataan Alex itu malah menghalang-halangi proses penyidikan. Dianggap sebagai kode kepada Harun Masiku, buronan legendaris, untuk mencari persembunyian yang lain.

“Pernyataan Alex Marwata malah menghalang-halangi proses penyidikan dengan mengumumkan ke seluruh dunia tentang keberadaan Harun Masiku sudah diketahui, sehingga menghambat kerja-kerja penyidik yang sudah susah payah melakukan identifikasi keberadaan buronan HM,” kata Praswad dalam keterangan tertulisnya, dikutip dari kumparan, Selasa (18/6/2024).

Baca Juga : Gelar Rakor, KPK Bakal Perkuat Peran APIP di Sulsel

“Alex seakan memberikan kode kepada Harun Masiku dengan membuat pernyataan semacam itu. Ini sebetulnya menegaskan bahwa upaya menghalangi terus dilakukan oleh Pimpinan KPK, mulai melalui TWK sampai membuat pernyataan yang menghambat penegakan hukum,” tambah Praswad.

Dia menambahkan, bahwa Harun Masiku tidak akan tertangkap kecuali adanya pergantian kepemimpinan KPK. Sebab, pimpinan lembaga anti-rasuah dianggap tak serius mengejar dan meringkus mantan Caleg PDIP tersebut.
“Pimpinan KPK belum mau menangkap Harun Masiku, bukan belum mampu,” imbuh Praswad.

Sebelumnya, Alex menyebut penyidik sudah mengendus indikasi lokasi keberadaan Harun Masiku. Dia berharap dalam waktu seminggu ke depan buronan legendaris tersebut dapat diringkus.

Baca Juga : Undur Diri dari Kursi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Dikritik

“Saya pikir sudah (ada indikasi lokasi), penyidik,” kata Alex kepada wartawan di gedung DPR RI, Senayan, Selasa (11/6).

“Mudah-mudahan saja dalam satu minggu ketangkap. Mudah-mudahan,” kata dia.

Tapi belakangan, Alex mengklarifikasi pernyataan tersebut. Dia mengatakan, pihaknya belum menemukan keberadaan Masiku. Kalimat ‘tertangkap dalam seminggu’ disampaikan sebagai angan-angan belaka, sebagai suatu harapan.

Baca Juga : Luncurkan Aplikasi APIP TA’, Danny Pomanto: Optimalisasi Pengawasan Internal dan Pencegahan Korupsi

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda