Logo Harian.news

Bulog Sebut 650 Ribu Ton Beras Impor Sudah Masuk Indonesia: Kurang 350 Ribu lagi!

Editor : Rasdianah Rabu, 03 April 2024 13:33
Presiden Jokowi memantau stok beras di BULOG. Foto: dok setpres
Presiden Jokowi memantau stok beras di BULOG. Foto: dok setpres

HARIAN.NEWS, JAKARTA – Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi mengungkapkan realisasi impor beras yang masuk ke Indonesia sudah masuk sebanyak 650 ribu ton beras. Ini merupakan realisasi dari kuota sebesar 3,6 juta ton untuk 2024.

“Saat ini kurang lebih sudah sekitar 650 ribu yang sudah masuk atau masih di pelabuhan,” kata Bayu dalam Media Gathering di Jakarta, dikutip dari liputan6, Rabu (3/4/2024).

Dalam data yang dikantonginya, realisasi impor atas carry over dari penugasan 2023 sudah seluruhnya rampung. Kemudian, rencananya masih ada 350 ribu ton lagi yang akan masuk ke Indonesia untuk kuota 2024.

Baca Juga : Gandeng Dinas Ketahanan Pangan dan Bulog, Kejari Sinjai Gelar GPM

Angka itu sudah disepakati antara Bulog dengan sejumlah negara suplier. Sehingga, jika dihitung, akan ada sekitar 1 juta ton yang masuk pada 2024.

“350 ribu (ton) yang sudah kontrak. Jadi kira-kira hampir satu juta (ton beras impor),” ucapnya.

Perlu diketahui, ada 4 negara asal impor beras, yakni, Thailand, Vietnam, Pakistan, dan Kamboja. Vietnam menjadi negara paling besar menyuplai beras ke Indonesia.

Baca Juga : Gerakan Pangan Murah Bone, Bulog Siapkan Beras hingga 20 Ton

Sementara itu, stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sendiri saat ini ada sebanyak 1,07 juta ton. Bayu menegaskan belum ada rencana menambah kuota impor lagi dari jatah sebesar 3,6 juta ton untuk 2024 ini.

Bayu juga menyebutkan, tak ada rencana untuk menambah impor beras tahun ini. Sebab, stok beras nasional bisa dipenuhi lewat penyerapan lokal.

“Meski tahun ini ada tantangan. Badai kering El Nino menjadi salah satunya. Kemudian, ada tantangan selanjutnya berupa badai basah La Nina. Namun kami optimistis produksi lokal bisa mencukupi kebutuhan nasional, InsyaaAllah cukup,” kata Bayu.

Baca Juga : Kekalahan Vietnam dari Indonesia Makan Korban, Philippe Troussier “Ditendang” sebagai Pelatih

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda