Logo Harian.news

Buntut Penebangan Pohon Flamboyan yang Dipersoal Warga

Mengalah, DLH Jeneponto Turunkan Baliho Caleg Ridwan A Wittiri: Tak Bertuan!

Editor : Rasdianah Jumat, 12 Januari 2024 18:35
Penurunan Baliho caleg Ridwan A Wittiri di Jeneponto. Foto: harian.news/aswin
Penurunan Baliho caleg Ridwan A Wittiri di Jeneponto. Foto: harian.news/aswin

HARIAN.NEWS, JENEPONTO – Akibat disoroti oleh pemuda Tamalatea, Panwascam Tamalatea bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Jeneponto menurunkan baliho caleg PDIP Andi Ridwan Wittiri yang sudah terpasang di STAN reklame, di Kelurahan Bontotangnga, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto.

Untuk diketahui, penurunan baliho ini sebagai buntut keprihatinan warga atas pemangkasan pohon flamboyan yang dinilai menghalangi reklame atau baliho caleg yang terpasang di sekitaran jalan tersebut. Pohon falmboyan ini sejak 2017 menjadi icon indah di jalan tersebut, bahkan menjadi kenangan pemuda Tamalatea bersama mantan bupati Jeneponto Iksan Iskandar yang ditanam bersama pada tahun 2017 silam

Keprihatinan warga atas pemangkasan pohon ini juga ditunjukkan dengan aksi tabur bunga dan menyalakan lilin pada Jumat (12/1/2024) jam 01 dini hari di sekitaran pohon tersebut.

Baca Juga : Soal ‘Ledakan’ Suara PSI di Sirekap, KPU: Biar Rekapitulasi Berjenjang yang Bicara

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Kepala Bidang Tata Lingkungan DLH Kabupaten Jeneponto Dg Lallo, mengatakan pihaknya sudah berkordinasi dengan pihak PTSP, dan Bapenda.

“Ternyata STAN reklame tersebut tidak bertuan, dan kami sudah koordinasi dengan bawaslu, dan panwascam Tamalatea sehingga baliho caleg tersebut diturunkan,” ujar Dg Lallo kepada harian.news, Jumat.

“Apabila STAN reklame tersebut masih berdiri, besok lusa pasti di akukan lagi pemangkasan, jadi menurut saya lebih baik dibongkar, apalagi STAN reklame tersebut sudah tidak bertuan atau terbengkalai, besok lusa besinya rapuh tentu akan lebih membahayakan lagi,” lanjutnya.

Baca Juga : Akan Bertemu Megawati, JK Pastikan Tidak Atas Nama Partai

Dg Lallo menambahkan, pihaknya juga akan melakukan penanaman pohon flamboyan dalam waktu dekat ini, apalagi sudah masuk musim penghujan.

Untuk diketahui, sebelumnya Dg Lallo membenarkan memang pihkanya telah melakukan pemangkasan pohon flamboyan di ruas jalan Kelurahan Bontotangnga, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto sebab diakuinya pohon tersebut menghalangi reklame.

“Kami melakukan pemangkasan atas permintaan pemohon yang menghalangi papan reklame, bukan karena seorang caleg, karena itu adalah pelanggaran besar ndik, jadi kami dari pihak Lingkungan hidup hanya melakukan pemangkasan yang menghalangi papan reklame, bukan karena caleg,” katanya.

Baca Juga : Real Count KPU, Berikut Deretan Caleg yang Berpeluang Besar Duduk di DPRD Makassar

Sementara itu, Pemuda Tamalatea, Subair, mengatakan keprihatinan warga atas pemangakasan pohon flamboyan tersebut bukan tanpa alasa.

“Upaya yang kami lakukan bukan tanpa alasan, tapi memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa pentingnya menjaga dan memelihara pohon apalagi di daerah kita yang terkenal sangat panas di saat musim kemarau,” ujarnya.

 

Baca Juga : Ganjar Pranowo Semangat Dukung Usulan Hak Angket

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : ASWIN

Follow Social Media Kami

KomentarAnda