Logo Harian.news

Gelar Aksi, Forum Pemuda Peduli Bangsa Suarakan Kedaulatan NKRI di Tanah Papua

Editor : Rasdianah Kamis, 04 April 2024 19:38
Aksi Forum Pemuda Peduli Bangsa suarakan kedaulatan di tanah Papua. Foto: HN/Yusuf Yahya
Aksi Forum Pemuda Peduli Bangsa suarakan kedaulatan di tanah Papua. Foto: HN/Yusuf Yahya

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Sekelompok pemuda yang tergabung dalam Forum Pemuda Peduli Bangsa melakukan aksi damai turun ke jalan berupa Orasi Kebangsaan untuk menolak makar terhadap NKRI. Aksi damai digelar di Monumen Mandala dan Flyover Pettarani Kota Makassar Provinsi Sulawesi selatan, Kamis (4/4/2024).

Aksi yang diwarnai Orasi Kebangsaan ini dipelopori oleh Brigade Muslim Indonesia (BMI) dan Barisan Anak Kolong (BARAK) Sulsel yang melibatkan kurang lebih 30 peserta aksi.

Korlap Umar Hankam menyatakan aksi yang digelar tersebut sebagai pernyataan kesetiaan kepada NKRI dan mendukung TNI/Polri dalam menegakan kedaulatan NKRI serta menumpas dan membasmi KKB di Papua.

Baca Juga : Kasad Tegaskan Tindak Tegas Pihak-Pihak Pemecah Belah Persatuan dan Kesatuan NKRI

“Kami menolak keras aksi terorisme, separatisme dan radikalisme, menolak keras tindakan makar OPM dengan segala underbouwnya yang ingin memisahkan diri dari NKRI,” ujar Umar, sapaannya, Kamis.

“Dan wahai orang-orang yang menyebut dirinya sebagai penggiat HAM dan bersuara lantang bila ada kelompok KKSB yang terbunuh, tetapi sebaliknya bila saudara-saudara kita warga sipil, wani dan anak-anak yang diperkosa dan dibunuh secara keji, dimanakah suara kalian, penegakan HQM jangan Tebang Pilih,” ujar Ketua BARAK Sulsel, Zulkifli.

Orasi kebangsaan ini bermaksud menentang dan menolak adanya upaya dari segelintir orang maupun kelompok Simpatisan dan pendukung OPM/KKSB. Mereka diketahui telah termakan isu tentang Papua Merdeka baik di dalam maupun luar negeri.

“Kami mengutuk keras adanya upaya-upaya Makar dan tindakan apapun dengan berbagai macam alibi untuk berusaha mengganggu keutuhan Negara, PAPUA TELAH MENENTUKAN NASIB SENDIRI SEBAGAI BAGIAN DARI NKRI SEJAK DULU, TANAH PAPUA BERDARAH TANGKAP DAN ADILI KKSB DAN KELOMPOK PENDUKUNG YANG TELAH MENGRONGRONG KEDAULATAN NEGARA, LANJUTKAN PEMBANGINAN KODIM, RINDAM, POLDA, POLRES, POLSEK, MAKO BRIMOB DAN POS – POS MILITER DI SELURUH TANAH PAPUA, PERBANYAK TNI DAN POLRI DI PAPUA TANGKAP DAN BASMI KKSB,” bunyi spanduk yang dibentangkan para pemuda.

Pemuda-pemudi ini juga mendukung upaya pemerintah terutama TNI-Polri dalam memberantas kelompok yang menamakan dirinya TPNPB-OPM dengan segala bentuk underbouw-nya. Sehingga diharapkan dapat menciptakan stabilitas di bumi Papua.

Pada akhir aksi, peserta menyanyikan lagu Maju tak gentar dan membakar replika bendera BK, Hal ini sebagai simbol menolak keras terhadap keberadaan serta segala bentuk kegiatan dan tindakan Makar yang dilakukan oleh Pok KKSB dan pendukungnya.

“Papua sah dalam bingkai NKRI, cinta damai dan lebih terpenting cinta kemerdekaan, cinta kedaulatan dan keutuhan NKRI,” tegas Zulkifli.

(MUH YUSUF YAHYA)

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda