Logo Harian.news

Jauh dari Target, Dewan Makassar Sebut Retribusi Daerah Alami Banyak Kebocoran

Editor : Rasdianah Jumat, 21 Juni 2024 19:47
Juru bicara Fraksi Nasdem Ari Ashari Ilham. Foto: dok Humas DPRD Makassar
Juru bicara Fraksi Nasdem Ari Ashari Ilham. Foto: dok Humas DPRD Makassar

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Juru bicara fraksi Nasdem Ari Ashari Ilham menilai, retribusi daerah atau retribusi Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mengalami kebocoran.

Hal tersebut disampaikan Ari Ashari saat menyampaikan pandangan umum fraksi terhadap rancangan peraturan daerah Kota Makassar tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Ta. 2023, di Kantor DPRD Kota Makassar, Jumat (21/6/2024).

Katanya, dalam penyampaian penjelasan Wali Kota Makassar Retribusi Daerah hanya terealisasi 33,56 % dari target.

Baca Juga : Indira Belum Munculkan Wakil di Pilwali Makassar, Danny: Tunggu Survei Terbaru

Pihaknya mempertanyakan, dari tahun ke tahun retribusi daerah tidak pernah memenuhi target, sehingga penarikan retribusi kepada masyarakat dinilai juga tidak maksimal karena banyaknya kebocoran terhadap pengelolaan pendapatan.

“Ini terjadi akibat belum menggunakan sistem ‘lesscash’ atau tidak menggunakan Teknologi Informasi (IT) yang baik,” katanya.

Aparat masih menggunakan cara-cara lama atau manual yang rentan dengan kebocoran. Faktor lain yang tidak kalah penting bahwa masih banyak masyarakat yang enggan membayar retribusi akibat ‘Pelayanan Aparat’.

Baca Juga : Baca 25 Lembar Nota Pembelaan, SYL Buka dengan Doa Nabi Musa

“Kita sendiri yang tidak memberikan pelayanan yang maksimal, seperti pelayanan persampahan dan pelayanan lainnya di tingkat paling bawah jadi tentu terjadi hal tersebut,” tandasnya.

(NURSINTA)

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda