Logo Harian.news

Kepsek SMAN 2 Bantah Pemukulan Murid: Guru Hanya Melerai Perkelahian

Editor : REDAKSI I Selasa, 27 September 2022 00:18
Kepsek SMAN 2 Bantah Pemukulan Murid: Guru Hanya Melerai Perkelahian

MAKASSAR, HARIANEWS.COM – Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 2 Makassar Muh Asrar memberikan klarifikasi terkait kasus dugaan pemukulan guru terhadap siswa yang viral melalui video di media sosial, Senin (26/09/2022).

Apa yang beredar dalam video itu adalah potongan dan itu hanya diinterpetasi pemukulan, padahal faktanya tidak demikian. Dihadapan media di SMAN 2, Jl. Baji Gau, kepala sekolah menceritakan terkait kejadian di lokasi

“Saya jelaskan dulu, kronologis video viral tersebut, tepatnya sudah duhur beberapa siswa kelas 11 dan 12 melakukan perkelahian, pada saat kejadian itu secara spontan guru-guru berlari melerai anak-anak kita, Jadi saya ingin jelaskan video itu tidak utuh, artinya video yang beredar hanya mengambil ketika guru memegang peserta didik, padahal kejadianya terjadi perkelahian antara siswa dengan siswa, sehingga guru datang melerai perkelahian,” jelasnya.

Baca Juga : Generasi Milenial Dominasi, PPPK Guru Diminta Mengajar Lebih Komunikatif

Iya menambahkan bahwa, semua guru tentu menjaga kode etik. “Kita tidak mungkin melakukan pemukulan terhadap siswa didik karena mereka adalah anak didik,” kata Kepsek.

Baca juga : GKJI Sulsel Kecam Kekerasan Terjadi di SMAN 2 Makassar

“Tentu secara psikologi, kalau anak itu melakukan perkelahian tentu guru itu kan melakukan upaya pencegahan, apakah itu dipegang, ditarik. Kalau ada mengatakan pemukulan, di video juga tidak terlihat, itu hanya pengakuan orang,” sambungnya.

Baca Juga : Rangkaian Kirab KPU Makassar Sasar Pemilih Pemula di SMAN 2

“Saya juga tidak berani mengatakan guru melakukan pemukulan, karena di video itu tidak ada, yang ada hanya menarik, memegang kera baju siswa,” tuturnya.

Ada video utuhnya yang bisa kita tunjukkan. Tidak ada guru itu memukul, dan itu hanya melerai anak-anaknya yang berkelahi dan di dalam video itu ada dua guru yang terlihat pakai baju putih.

“Dan di luar sebenarnya banyak guru itu,” Tutupnya.

Baca Juga : Catatan Harian: Selamat Hari Guru Nasional

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda