Logo Harian.news

Pedagang Pasar di Makassar Ini Masih Pakai Kantong Plastik, Mengaku Belum Tahu Ada Aturan Larangannya

Editor : Muh Yusuf Yahya Minggu, 14 Januari 2024 16:16
Pedagang Pasar di Makassar Ini Masih Pakai Kantong Plastik, Mengaku Belum Tahu Ada Aturan Larangannya

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Baru-baru ini Pemerintah Kota Makassar melakukan pelarangan penggunaan kantong plastik di seluruh wilayahnya dimana telah diatur dalam Peraturan Walikota (Perwal) Makassar Nomor 21 Tahun 2023 tentang Pengurangan Sampah Plastik.

Akan tetapi, larangan aturan ini belum berlaku bagi sebahagian pedagang di Pasar Tradisional. Dari pantauan Harian.News di pasar tradisional Jalan Hertasning Baru, Minggu, (14/1/2023) sore, masih banyak pedangang yang menggunakan kantong plastik sebagai wadah untuk membungkus jualan mereka, baik itu jenis makanan seafood, seperti ikan dan sayuran.

Contohnya Ipul (33) pedagang di pasar Hertasning ini mengaku belum tahu dan mendapatkan sosialisasi adanya larangan penggunaan kantong plastik oleh Pemkot Makassar.

Baca Juga : Masyarakat Keluhkan Macet, Markom Hotel Claro Salahkan Jukir Liar

“Saya baru tahu, belum, saya belum pernah disosialisasi,” Akunya kepada Harian.News

Pedagang di Pasar Jalan Hertasning Baru Masih Pakai Kantong Plastik

Hal yang sama, diakui oleh pedagang bernama Aty (52) wanita pedangang ikan tersebut mengaku baru mendengar larangan penggunaan kantong plastik.

Baca Juga : Ini Dia 7 Kriteria Calon Pejabat Esselon 2 Pilihan Danny Pomanto

Ia mengaku binggung jika tak menggunakan kantong plastik untuk membungkus barang yang dibeli oleh si pembeli dengan wadah seperti apa yang dipakai membungkus.

“Kita mau pakai apa kalau ada yang beli, kalau sediakan sendiri pasti jauh lebih mahal, beli ikan saja kadang pembeli ngeluh mahal apalagi ditambah kantongnya berbayar,” tandasnya.

Pro Kontra terkait aturan larangan penggunaan Kantong Plastik untuk membungkus barang dari Pemkot Makassar itu belumlah sepenuhnya bisa di realisasikan oleh semua pelaku usaha termasuk pedagang di pasar tradisional.

Baca Juga : Pemkot Makassar Segera Terapkan Kawasan Tanpa Rokok, PJ Sekda: Dimulai dari Lingkup OPD

Terbukti, larangan itu masih mental bagi pedagang yang ada di pasar tradisional yang menggunakan kantong kresek plastik sejak lama. Bahkan mereka pertanyakan akan menggunakan apa untuk membungkus barang jualannya untuk pembeli.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : NURSINTA

Follow Social Media Kami

KomentarAnda