Logo Harian.news

Selain Sekolah, Sinergitas Orangtua dan Masjid Menjadi Peran Penting

Editor : Redaksi Minggu, 18 September 2022 20:32
Andre Hariyanto.
Andre Hariyanto.

Oleh: Mas Andre Hariyanto

DILIHAT dari era zaman modern ini sungguh ironis gaya hidup anak muda sekarang, utamannya nilai-nilai Islaminya belum tertanam sempurna. Semisal kita menenggok pendidikan ala Rasulullah Alaihi Wassalam dan para sahabatnya, cara pendidikan pendahulu kita mendidik generasinya sampai menjadi generasi yang diridhoi oleh Allah Subhanallah Ta’ala.

Maka peran pendidikan sekolah,guru dan orang tua perlu adanya sinergi dakwah, Mari sauadara kita tanamkan sejak usia dini, Sebagaimana di zaman para salafus sholih menjadikan dua peran penting, peran itu adalah masjid atau pesantren dan orang tua sebagai madrasah utama.

Baca Juga : Solusi Menghadapi Kemacetan saat Mudik Lebaran

Insyaallah, bila ketika kedua peran tersebut dijalankan dengan mendidik putra putrinya sesuai yang dicontohkan oleh Rasulullah Alaihi Wassalam dan sahabat, maka generasi kita kedepan akan menjadi genarasi yang robbani, generasi yang mendapatkan Ridho Allah Subhanallah Ta’ala, bismillahirrahmanirrahim

Peran tersebut adalah peran sinergisitas antara masjid, pesantren dan orang tua, mengenalkan anak dengan kehidupan para nabi dan sahabat serta para salafus sholih, senantiasa menjaga adab islami hubungan anak dengan orang tua

Dan orang tua dengan sekolah, pesantren, menanamkan nilai nilai islam maupun sunnah didalam keluarga, tidak sekedar mengandalkan di sekolah. Tatkala masing peran diatas dijalankan.

Baca Juga : Pemerintah Siapkan Anggaran Hampir Rp 100 Triliun untuk THR dan Gaji ke-13

Insyallah, keluarga kita akan mengikuti jejaknya sebagaimana keluarga para sahabat radhiyallahu anhu bila kita sudah mengupayakan untuk mendidiknya.

Mendidik karakter anak zaman era modern ini diperlukan penanaman sebuah nilai islam, jadi mari saudara kita benar – benar menjalan konsep ini apalagi di era modern ini semakin canggih dan jangan lalai kita.

[Penulis adalah Founder Komunitas Taklim Jurnalistik, AR Learning Center, Kampus Trainer Indonesia, dan Muslim Hijrah Movement)

Baca Juga : Polisi Kawal Demokrasi yang Presisi

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda