Logo Harian.news

Nilai Keterbukaan Informasi Publik Makassar Cukup Informatif, Diskominfo Gelar Bimtek Perkuat PPID

Editor : Ahmad Senin, 27 November 2023 20:25
Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar, Ismawaty Nur paparkan hasil presentasi Monev Pemkot Makassar terkait keterbukaan informasi publik di Hotel Aston, Senin (27/11/2023).
Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar, Ismawaty Nur paparkan hasil presentasi Monev Pemkot Makassar terkait keterbukaan informasi publik di Hotel Aston, Senin (27/11/2023).

MAKASSAR, HARIAN.NEWS – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Makassar menggelar bimbingan teknis guna memperkuat Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) setelah melalui tahapan pemantauan (monev) keterbukaan informasi publik tahun 2023.

Acara yang didukung USAID Erat ini berlangsung di Hotel Aston pada 27 November 2023. Secara resmi dibuka oleh Staf Ahli Wali Kota Makassar Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik A. Irwan Bangsawan.

Ia mengapresiasi Pemkot Makassar sebagai satu-satunya kabupaten/kota yang berhasil melewati tahapan presentase dalam Monev Keterbukaan Informasi Provinsi Sulsel tahun 2023, dengan nilai sementara mencapai kategori Cukup Informatif.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Kota Makassar dan Sekitarnya Hari ini 15 April 2024: Diprediksi Hujan

“Kita mendapatkan prestasi naik satu level menuju informatif, itu yang luar biasa. Tapi kita berharap kota yang informatif, sampai level tertinggi. Kegiatan sosialisasi, bimtek ini kita harus rumuskan, dan kita harus kerja sama, semua SKPD harus terkait ini, jangan hanya Dinas Kominfo saja,” jelasnya.

Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar, Ismawaty Nur, dalam paparannya menyebutkan hasil presentasi Monev Pemkot Makassar terkait keterbukaan informasi publik mencapai nilai akumulatif sementara sebesar 69,5%, dengan status cukup informatif.

Dalam upaya peningkatan, Ismawaty Nur meminta sinergi dari PPID setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk memaksimalkan PPID Pemkot Makassar dan meningkatkan nilai.

Baca Juga : Pertahankan Capaian, Unhas Gelar Sosialisasi IP dan Persiapan Pengisian Kuesioner PPID

Langkah-langkah yang diusulkan antara lain menyiapkan sarana prasarana, seperti Ruang Layanan dan Meja Layanan khusus PPID Pelaksana.

Selain itu, mengumumkan dan mempublikasikan informasi publik ke website PPID Utama dan Website resmi Perangkat Daerah, serta menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) pada tiap PPID SKPD.

“Kami berharap hasil monev ini mencerminkan kolaborasi dan integrasi yang kuat antara PPID Utama dan PPID SKPD, sehingga mampu meningkatkan status dan nilai PPID Pemkot Makassar sesuai dengan indikator keterbukaan informasi yang berlaku secara nasional,” ungkapnya.

Baca Juga : Jadikan Makassar seperti Shenzen, Begini Pandangan Pengamat

Adanya bimtek ini diharapkan dapat memperkuat peran PPID Pemkot Makassar dalam meningkatkan keterbukaan informasi publik. (*)

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda