Logo Harian.news

Kesenjangan dan Penghidupan Etnis Rohingya

Editor : Andi Awal Tjoheng Jumat, 15 Desember 2023 22:33
Ratusan etnis Rohingya yang tiba di Indonesia khususnya di Provinsi Aceh bagian pesisir. ||Foto:instagram@aljazeeraenglish
Ratusan etnis Rohingya yang tiba di Indonesia khususnya di Provinsi Aceh bagian pesisir. ||Foto:instagram@aljazeeraenglish

HARIAN.NEWS, JOGJA – Menjelang pesta demokrasi Indonesia, masyarakat di Aceh bagian pesisir malah di sibukkan dengan pengungsian Rohingya yang terus berdatangan di berbagai titik di daerahnya.

Provinsi paling barat Indonesia itu kini menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini. Aksi masyarakat yang lebih banyak menolak kedatangan etnis Rohingya, dan (Achmad Marzuki) selaku PJ Gubernur Aceh yang terus memfasilitasi tempat pengungsian para etnis Rohingya.

Sehingga, spekulasi liar masyarakat Indonesia begitu kencang perihal masalah ini. Antara menerima etnis Rohingya atau menolak kedatangan etnis Rohingya ke-Indonesia.

Baca Juga : Presiden Minta Pimpinan Daerah Turunkan Angka Kemiskinan dan Tekan Stunting

Hingga, saat ini masih menjadi pertanyaan besar sebagian masyarakat Indonesia. Mengapa kita harus menerima etnis Rohingya? Padahal mereka bukan kategori kelompok pengungsi. Lantas, atas dasar apa kita harus menerika kelompok rohingya? Atas dasar kemanusian?

Jika ini atas dasar kemanusiaan. Bukankah penyelesaian HAM di Aceh, Papua, Maluku, Kanjuruan, Wadas, dan Rempang belum mendapat keadilan hingga hari ini.

Kita ketahui sendiri, bahwa etnis rohingya pada dasarnya merupakan pengungsian yang berasal dari Negara Myanmar yang berdarah India dan Bangladesh.

Baca Juga : Penanggulangan Kemiskinan Tak Efektif, Pemkot Makassar Disarankan Bentuk TPK dan TEPK, Apa Itu?

Salah satu penyebab pengusiran etnis rohingya ini bukanlah suatu polemik biasa. Melainkan Ke-tidak jelasan status kewarganegaraan atau dalam kata lain bukan suku asli warga negara Myanmar.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Halaman
Penulis : JAINUDIN ABAS (Direktur Utama Lembaga Pendidikan Mahasiswa Islam Cabang Yogyakarta)

Follow Social Media Kami

KomentarAnda